Pasar Malam Sekaten Perayaannya Masyarakat Yogyakarta

Suasana keramaian sekaten.

Masyarakat Kota Yogyakarta dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan Pasar Malam Perayaan Sekaten. Pasar Malam Perayaan Sekaten adalah salah satu perayaan tahunan yang dilaksanakan di Alun-Alun Utara Yogyakarta dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Biasanya Pasar Malam Perayaan Sekaten berlangsung selama satu sampai satu bulan setengah. Untuk Pasar Malam Perayaan Sekaten pada tahun ini sendiri berlangsung selama kurang lebih satu bulan yang dimulai pada tanggal 18 November 2016  hingga tanggal 11 Desember 2016.

Pasar Malam Perayaan Sekaten sudah sangat akrab bagi masyarakat Kota Yogyakarta, baik itu masyarakat asli Yogyakarta maupun masyarakat pendatang seperti halnya mahasiswa-mashasiswa yang berkuliah di Yogyakarta. Pasar Malam Perayaan Sekaten selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Bagi sebagian masyarakat yang berasal dari kalangan mahasiswa, Pasar Malam Sekaten menjadi sarana untuk melepaskan diri dari kepenatan akibat banyaknya kegiatan kuliah. Bagi masyarakat dari kalangan lainnya, Pasar Malam Sekaten juga menjadi tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menikmati keindahan malam Kota Yogyakarta.

Seperti halnya Pasar Malam pada umumnya, di Pasar Malam Sekaten terdapat banyak stand penjual mulai dari penjual makanan, minuman,  pakaian, mainan, alat-alat rumah tangga, dan lain sebaginya. Selain menyediakan berbagai stand penjual, di Pasar Malam Sekaten juga tersedia banyak wahana bermain yang dapat dinaiki oleh seluruh pengunjung dengan tarif yang relatif murah. Kisaran harga tarif untuk setiap wahana bermain adalah Rp. 8000 s/d Rp. 10.000.

Ada beberapa wahana bermain yang  selalu menjadi primadona bagi para pengunjung. Salah satunya adalah wahana kora-kora. Hampir di setiap wahana kora-kora selalu banyak pengunjung yang antre untuk mencobanya. Wahana kora-kora adalah suatu wahana bermain yang berbentuk menyerupai sebuah kapal besar di mana cara bekerjanya adalah dengan mengayunkannya ke atas dan ke bawah. Adrenalin para pengunjung akan sangat diuji ketika mencoba wahana kora-kora ini. Selain wahana kora-kora, wahana lain yang juga banyak dikunjungi adalah wahana komedi putar dan wahana ombak-ombakan.


Antusiasme Masyarakat Yogyakarta terhadap Pasar Malam Perayaan Sekaten begitu besar. Hal itu terlihat dari tingginya tingkat kemacetan yang terjadi di beberapa ruas jalan menuju Alun-Alun Utara Yogyakarta. Setiap malamnya kemacetan selalu terjadi di ruas-ruas jalan menuju Alun-Alun Utara Yogyakarta, namun kemacetan tersebut tidak menyurutkan semangat Masyarakat Yogyakarta untuk datang dan melihat Perayaan Pasar Malam Sekaten. (KAF)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar