Menabung, Tumbuh, dan Berbagi bersama Generasi Bakti Negeri



Untuk memupuk rasa kemanusiaan dan mengasah kemampuan bersosialisasi yang baik bagi anggota barunya, Generasi Bakti Negeri (GBN) mengadakan kegiatan internship atau pembekalan. Pembekalan itu dilakukan dengan membagi anggota baru GBN ke dalam 12 kelompok yang beranggotakan 4 sampai 5 orang. Program internship berupa social project yang harus dilakukan oleh masing-masing kelompok selama dua minggu yang dimulai dari tanggal 27 November hingga 4 Desember dengan lokasi yang telah ditentukan oleh pengurus tetap GBN.

Tahap awal dari kegiatan tersebut adalah Brand Storming, yaitu penyusunan kerangka kegiatan, bagaimana alur program kerjanya, dan pihak mana saja yang akan terlibat. Salah satu kelompok anggota baru yaitu kelompok Social Project #1 mengadakan kegiatan bakti sosial yang bertempat di Masjid At-Taqwa, Desa Keloran, Tirtonirmolo, Bantul. “Social project diselenggarakan sebagai upaya untuk membekali anggota baru GBN sebelum diterjunkan langsung ke Pulau Sebatik. Nah kegiatan di desa keloran ini bekerja sama dengan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Yaa Bunayya agar menyesuaikan dengan rangkaian kegiatan yang akan kami laksanakan disini,” ujar Adzkiya Brama N, selaku ketua kelompok.

Tema yang diangkat dari Social Project #1 adalah Menabung-Tumbuh-Berbagi. Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi menabung untuk anak-anak dan penanaman sayur guna melatih anak agar mampu memanfaatkan sumber daya di sekitarnya. “Selain dengan TPA Yaa Bunayya, kami juga melakukan kerja sama dengan Celengan Berbagi dan Komunitas untuk Jogja. Celengan Berbagi memberikan sosialisasi tentang tata cara menabung yang mudah untuk anak-anak, sedangkan Komunitas Untuk Jogja nantinya akan membimbing anak-anak dalam menanam sayur guna memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tambah Brama.

Menurut Brama, menanam sayur sendiri memiliki esensi untuk melatih anak-anak agar mengurangi budaya konsumtif. “Anak jaman sekarang hanya tau cara membeli, bahkan untuk hal yang sepele, semisal sayur. Oleh karena itu, kami mengadakan kegiatan ini agar anak-anak di desa keloran terbiasa memanfaatkan sumber daya yang ada sehingga dapat berdampak baik bagi mental mereka di masa depan”. (DILL, CAI)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar