“Green Action” Aksi Nyata Pemuda Peduli Lingkungan

Suasana kegiatan "Green Action".

Banyaknya sampah-sampah yang berada dimana-mana dan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan ternyata membawa kepedulian tersendiri bagi salah satu kelompok  Sosial Project  dari Generasi Bakti Negeri sehingga membuat kegiatan “Green Action”, kegiatan yang diselenggarakan pada Jumat, 09 Desember 2016 ini mengangkat tema peduli lingkungan dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa peduli lingkungan sejak dini.

Green Action diadakan di SD Tlogo Kasihan Bantul dengan alasan karena melihat lingkungan sekitar sekolah yang dekat dengan sungai dan masih banyak didapati tumpukan sampah seperti botol bekas dan limbah plastik.  Sebanyak 35 siswa kelas V SD Tlogo menerima materi tentang pentingnya menjaga lingkungan. Selain adanya edukasi tentang lingkungan, Kelompok Sosial Project Generasi Bakti Negeri juga melakukan praktek edukasi terkait pemanfaatan sampah untuk didaur ulang. Dengan bermodalkan botol bekas yang telah dikumpulkan dari lingkungan kampus UMY anak-anak SD Tlogo membuat botol tersebut menjadi berbagai kerajinan tangan seperti tempat pensil dan pot bunga. Selain membuat kerajinan dari botol plastik anak-anak SD Tlogo juga menghias tempat sampah yang dilukis dengan cat air, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para siswa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Menurut Siham selaku ketua Sosial Project menjelaskan latar belakang kegiatan ini dilaksanakan adalah dengan menyadari bahwa generasi muda sebagai pemegang peran penting dalam perubahan perilaku dan cara berfikir, mereka bisa menjadi korban sekaligus penyelamat dari bencana lingkungan masa depan. “Di tangan teman-teman ini ide-ide cerdas, kreatif, dan inovatif  serta aksi perubahan dapat didorong untuk menjangkau dukungan lebih banyak sehingga lebih banyak orang yang peduli terhadap lingkungan,” tutur Siham

Selain dari kelompok Sosial Project  Saudara Sebatik Project III, kegiatan ini juga melibatkan pihak-pihak lain seperti, kitabisa.com, dan komunitas pohon Nilam. Diakhir kegiatan siswa-siswa SD Tlogo juga diberikan pohon Nilam untuk dirawat dan dibudidayakan sehingga bisa menghasilkan manfaat bagi mereka. “Kami berharap dengan adanya kegiatan ini siswa-siswi tergerak untuk menjaga kebersihan lingkungan dan dapat menerapkannya di kehidupan mereka sehari-hari,” ungkap Siham di akhir wawancara. (AHP)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar