Menghargai Kaum Minoritas, KOMAKOM UMY Gelar Awarding Night Communication Awards 2016

Suasana acara Communication Award.

Pelaksanaan puncak acara Communication Awards 2016 MIRROR Harmoni 11 sukses digelar pada kamis malam 10 November 2016 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. Acara ini selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan KOMAKOM UMY.
Communication Awards adalah acara dari KOMAKOM tersendiri yang menjadi ajang kreatifitas Mahasiswa dalam berkompetisi dengan insan nasional yang diantara nya diselenggarakan beberapa kategori perlombaan seperti Print Ad, CSR Program, Integrated Campaign, Feature Writing, dan Festival Film Gadget.
Tema yang diangkat pada tahun ini adalah MIRROR, yang bermakna Minority Roles Reflection. Acara Ini  secara simbolis dibuka pada dua minggu yang lalu tepatnya pada tanggal 23 Oktober 2016 dengan diadakannya acara Talkshow Creativepeneur yang bertemakan CREATOR (creative Inspirator) serta mendatangkatan bintang tamu Dochi sadega “Pee wee Gaskin" dan Tirtha Hudhi (CEO Shoes and care). Kemudian dilanjutkan dengan diadakannya Creative Class dan Screening Film for all finalist of festival film gadget pada 6 November yang mendatangkan  Adrianka Anka (CEO Tanda seru digital Imaging) dan di tanggal 7 November 2016 menghadirkan Afifi Khresna Aditya (Head of Idea labs Srengenge), sedangkan hari terakhir pada 8 November 2016 mendatangkan Wisnu Prasetya Utomo (redaktur pindai.org), Muamar Fikrie (editor beritagar.id ), dan Haris Firdaus (wartawan harian kompas).
Malam penganugerahan diselenggarakan secara gratis dengan mengundang beberapa tamu undangan dari berbagai delegasi  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan himpuan dari setiap jurusan yang ada di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan dihadiri peserta dari berbagai universitas di Yogyakarta.
Puncak acara Communication Awards 2016 MIRROR  dibuka secara seremonial dan meriah dengan penampilan musik dari  Mirror Voice dan dibuka oleh beberapa sambutan dimulai dari ketua program studi Ilmu Komunikasi UMY Haryadi Arif Nur Rasyid ,Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIPOL) Bambang Wahyu Nugroho, ketua pelaksana Communication Award MIRROR 2016 Armani Bilardi, dan ketua Korps mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi M.Iqbal Asyauqi.
Communication award lahir  menjadi suatu gagasan atau wadah  bagi mahasiswa dan tempat berkumpul serta mengembangkan kreativitas mahasiwa dengan lawan masalah yang terjadi disekitar, minoritas  begitu dekat dengan kita, angka dan hitungan yang diperhitungankan perbandingan minoritas dan mayoritas kian tidak mencerminkan sila ketiga pancasila dan kita harus merealisasikan arti dari bhineka tunggal,” ujar Armani. Setelah acara sambutan selesai disampaikan, penonton dihibur dengan beberapa bintang tamu yang hadir diantaranya penampilan Phantomim, Hoxups Dance family, Diandra’s Evening, Theater BASB, Lukis Pasir, dan musikalisasi puisi. Di sela-sela penampilan mereka, diselingi pembacaan dan penyerahan hadiah secara simbolis dari berbagai kategori seperti Print Ad, CSR program, Integrated Campaign, Feature Writing dan Festival Film Gadget.
Dari setiap kategori terdapat beberapa nominasi yang pada akhirnya akan dipilih tiga pemenang dari setiap kategori. Di kategori Print Ad Competition penghargaan di berikan ke pada dua mahasiswa Univeritas Kristen Petra dan seorang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Di kategori CSR Program penghargaan di berikan kepada Insight dari Unika Widya Mandala Surabaya, Eskalator Slytherin Universitas Muhammadiyah Malang, Pedator BAPR dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Di kategori Integrated Campaign penghargaan diberikan kepada Aksaraerad dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Magnifico dari Universitas Atma Jaya, dan Agen Tonggeret Universitas Sebelas Maret. Kategori Festifal film gadget penghargaan sebagai tim favorit yaitu Filantropi dari Universitas Lampung, Mangkurat dari Banjarmasin, kemudian penghargaan Sinematografi terbaik di berikan kepada  A Montage Of Chinsun dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan untuk penghargaan ide cerita terbaik di berikan kepada Rajalela  dari Universitas Sebelas Maret. Di kategori Feature Writing penghargaan diberikan kepada mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan dua mahasiswa dari Universitas Atma Jaya. Disisi lain Panitia Communication Award 2016 MIRROR tidak hanya memberikan penghargaan kepada para pemenang akan tetapi panitia juga  mengapresiasikan kepada lembaga-lembaga yang peduli dan menyuarakan  kaum-kaum minoritas seperti Difa dan Rifka Annisa.
“Pendapat saya acara ini Alhamdulillah berlangsung secara meriah, penontonpun antusias mengikuti acara, yang membuat acara tetap megah walaupun dari sisi budget minim sekali tapi kita berpikir bagaimana kita mengemas acara tersebut agar tetap meriah dengan mengangkat tema minoritas, saya pribadi merasa toleransi antar masyarakat masih kurang dalam kesatuan sekalipun di kota Yogyakarta yang temasuk kota anti toleran ke-5 di Indonesia dan kesan terhadap KOMAKOM sendiri tetap kompak sehingga bisa sama–sama berjuang mensukseskan acara  dan harapan saya bagi panitia Communication award yang akan datang jangan pernah berhenti menyemarakan acara komunikasi tetap lebih maju dan mewujudkan ajang kreatifitas ini di selenggarakan bukan hanya tingkat Nasional akan tetapi tingkat ASEAN, ” ujar Muhammad Iqbal Asyauqi ketika di wawancara oleh reporter Nuansa. (Azfar, Lutfen)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar