Pemuda Harus Aktif dan Jangan Apatis

Salah seorang mahasiswa sedang berorasi.


Memperingati hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Peduli Kampus (MUMY-PK) bersama Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas menggelar acara untuk memperingati hari Sumpah Pemuda bertempat di Taman Batu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMY pada Jumat (28/10).  Acara ini dimulai sejak pukul 09.00 wib yang berisi penampilan-penampilan mahasiswa seperti band, pembacaan puisi, orasi, beberapa aksi teatrikal, dan puncaknya akan menyanyikan lagu Darah Juang serta membaca naskah Sumpah Pemuda bersama-sama. Acara yang diramaikan  oleh mahasiswa dari berbagai jurusan ini mengusung tema “Aku Bukan Pemuda Bisu” .

Latar belakang diadakannya acara ini adalah untuk menggalakan kembali semangat Sumpah Pemuda yang mulai memudar di jiwa para pemuda masa kini. “Aksi ini menyadarkan kepada mahasiswa umy ini bahwa kita tidak boleh apatis. Kita harus peduli dengan kampus kita, siapa lagi yang peduli kalau bukan kita,” ujar Hanif Iqbal Saputro selaku perwakilan dari DPM U. Hanif juga menekankan bahwa kesadaran mahasiswa UMY akan esensi sumpah pemuda masih kecil, menurutnya dari ribuan mahasiswa UMY hanya sedikit yang peduli dengan Sumpah Pemuda.

“Disini kita juga ingin menyerukan bahwa kita adalah pemuda, jadi kita tidak boleh apatis,” ujar Hanif. Acara tersebut juga dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyampaikan keluhan mereka tentang segala hal di UMY saat ini. Kemudian jika terdapat keluhan maka pihak DPM akan menampung dan menindak lanjuti hal tersebut.


Sementara itu, Idra Faudu selaku koordinator dari MUMY-PK mengungkapkan bahwa acara ini merupakan bentuk ajakan kepada seluruh mahasiswa untuk bergerak bersama-sama agar lebih peka terhadap pembungkaman hak-hak mahasiswa. “Harapannya dari acara ini agar hak-hak mahasiswa yang telah tercabut itu dapat tersampaikan melalui acara ini,” ujar Idra. Idra juga mengajak kepada mahasiswa lain untuk bergabung dalam acara-acara berikutnya seperti diskusi. Munurut Idra mahasiswa UMY masih sangat jarang mengungkapkan masalahnya baik masalah kampus ataupun kemasyarakatan. (ANS)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar