EDSA SUKSES MENGGELAR SEMINAR NASIONAL MERRY RIANA


“Jika belum bisa melakukan hal yang besar, lakukanlah hal yang kecil dengan jiwa yang besar,” tutur Merry Riana, motivator terkemuka Indonesia saat menutup acara seminar nasional yang berlokasi di sportorium UMY. Acara yang bertajuk Mimpi Sejuta Dollar tersebut dilaksanakan pada Jumat (30/9) dan dihadiri sekitar 1500 peserta yang berasal dari berbagai daerah, termasuk beberapa diantaranya berasal dari luar Yogyakarta.

Tidak hanya mengundang Merry Riana sebagai pembicaranya, acara yang diselenggarakan oleh English Department Students Association (EDSA), sebuah Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UMY, juga mengundang seorang pengusaha dan akademisi, Musa Asy’arie sebagai Keynote Speaker, serta Fauzan Bustami seorang Business School Motivator sebagai Second Speaker.

Fitria, salah satu panitia acara mengaku bahwa acara tersebut seharusnya berlangsung pada 14 Mei lalu, namun terpaksa diundur karena adanya kendala dari pihak Merry Riana. “Sebenarnya acara ini mau dilakasanakan pada 14 mei, ini sempat diragukan, dan waktu itu  Merry juga sedang ada acara jadi diundur tanggal 30 ini,” jelasnya saat ditemui Nuansa pada sela-sela akhir acara.

Tentu saja untuk menyelenggarakan acara sebesar ini membutuhkan persiapan yang matang. Fitria juga menceritakan bagaimana persiapan yang dilakukannya bersama tim EDSA sudah dimulai sekitar lebih dari lima bulan lalu. “Persiapan kita adalah strategi marketingnya, jadi bagaimana kita menjual tiket ini. Kemudian saya dan tim saya banyak ke SMA, saya bicara intensif dengan dekan saya, dan saat kita mengajukan acara ini ke pihak sporto dan Wakil Rektor dua , Alhamdulillah respon mereka baik dan mereka setuju.”

 Fitria juga menjelaskan bagaimana strategi marketing yang ia maksud, “Strategi kita adalah menjual tiket melalui online, jual langsung, kita buka stand, kita adakan promo, buat spanduk, video, dan gencar melakukan promosi karena harapan kita adalah menjual tiket hingga 2000 tiket, tapi kita saat ini bisa menjual 1500 tiket, dan itu saya sudah bersyukur karena ini adalah acara besar pertama EDSA,” jelasnya.

Tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang entrepreneurship dan menambah semangat mahasiswa untuk meraih mimpi serta mulai berbisnis sejak muda, seperti yang dituturkan Fitria.

Tanggapan positif pun kemudian datang dari para peserta seminar nasional terhadap acara tersebut. Seperti Oni Sandra Putri, mahasiswa yang berasal dari Universitas Kristen Duta Wacana yang mengaku sangat termotivasi setelah mengikuti seminar tersebut. “Dapat motivasi baru, lebih semangat lagi, mimpinya pengen jadi pengusaha, acaranya keren karena orang-orang yang datang banyak, dan sangat bermanfaat. Kata-kata Merry Riana yang paling saya ingat adalah kalau Merry Riana bisa, saya pasti bisa, ” tuturnya kepada Nuansa. 

Bayu Pradana salah seorang peserta mengaku bahwa acara seminar tersebut berjalan dengan baik karena menurutnya panitia sangat bekerja baik, terlihat dari antrian yang sangat rapi saat peserta memasuki sportorium. “Alhamdulillah acaranya menarik, keren, panitianya oke, saya kira berjubel-jubel antriannya ternyata enggak,” jelasnya.

Terakhir Fitria berharap bahwa terselenggaranya acara ini bisa bermanfaat bagi semua pihak. “Harapan saya, orang orang bisa semangat ber-entrepreneur, nama UMY bisa terangkat dengan seminar ini, dan nama PBI juga,” tutupnya. (RAN)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar