Tour the Campus: Inovasi Baru BEM FPB UMY


Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB) Universitas Muhamadiyah Yogyakarta membuat sebuah inovasi baru dalam rangkaian acara  Masa Ta’aruf (Mataf) yang diselenggarakan di gedung University Residence (Unires) Putri UMY pada Rabu (7/9). Mereka menciptakan kegiatan baru yang bernama Tour the Campus. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenalkan UMY kepada seluruh peserta Mataf FPB. Selain itu, kegiatan ini juga mempunyai maksud untuk memberi kesan yang baru dengan mengajak peserta mengelilingi kampus UMY.

“Berkaca dari pengalaman tahun lalu, banyak mahasiswa yang ternyata tidak mengetahui secara benar letak gedung-gedung di UMY,” ujar ketua Mataf FPB, Fajar Maulana. Menurut Fajar, sudah selayaknya bahwa mahasiswa FPB mengetahui di mana saja letak gedung-gedung yang ada di UMY, meskipun bisa dikatakan mereka melaksanakan perkuliahan di lokasi yang berbeda. Kegiatan Tour the Campus merupakan kegiatan mengelilingi kampus dari satu fakultas ke fakultas yang lain.

Meskipun program ini adalah program perdana yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FPB, namun antusiasme peserta Mataf sangat tinggi. Mereka menganggap bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan menyenangkan. “Asik sih, kita nggak akan bingung lagi ketika kita ingin mencari fakultas-fakultas yang ada di UMY,” ungkap Salsa Bening Tristyantin, mahasiswa baru jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI).

Selain itu, menurut Utari Nurahma Sari, mahasiswa baru jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) kegiatan Tour the Campus sangat menyenangkan meskipun ia mengakui bahwa berjalan mengelilingi kampus sangat melelahkan. Ia juga mengungkapkan bahwa ternyata kampus UMY merupakan kampus yang sangat luas. Hal serupa juga diserukan oleh Assyifa Maulida, mahasiswa baru jurusan Pendidikan Bahasa Jepang (PBJ). “Kreatif sih kegiatannya, dengan begitu kita jadi tahu tempat-tempat spesifik di UMY,” imbuhnya. Bening, Utari, dan Assyifa juga mengungkapkan bahwa Tour the Campus ini sangat perlu diadakan setiap tahunnya. “Kalau bisa sih dijadikan agenda Mataf setiap tahunnya saja,” ujar Bening kemudian.

Melihat antusiasme peserta Mataf yang begitu besar, Fajar Maulana berencana untuk mengusulkan Tour the Campus untuk dijadikan agenda tetap pada Mataf di tahun-tahun berikutnya. “Kami akan usahakan kegiatan ini dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang,” imbuhnya. (AML, ALF)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar