Pelantikan LPPM Nuansa UMY Periode 2016/2017 “Menyeru Kebajikan dengan Tulisan Jurnalis yang Kritis dan Apresiatif”

Pelantikan LPPM Nuansa UMY 2016

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Penerbitan dan Pers Mahasiswa (LPPM) Nuansa melangsungkan pelantikan anggota tetap periode 2016/2017 pada Kamis (15/9).. Pelantikan LPPM Nuansa tersebut berlangsung di Ruang Sidang Student Center Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Diawali dengan pembukaan oleh Mega (Mahasiswi Ilmu Komunikasi 2014) selaku Master of Ceremony (MC) acara pelantikan dimulai dengan pembacaan kalam ilahi Qur’an Surat Ali Imran ayat 102-105 oleh Aulia.

Kepengurusan LPPM Nuansa UMY periode 2016/2017 terdiri dari Divisi Redaksi, Divisi Penelitian dan Pengembangan, Divisi Hubungan Masyarakat, Divisi Perusahaan dan Penerbitan, dan Badan Pengurus Harian dengan anggota tetap yang berjumlah 45 mahasiswa.  Pelantikan anggota tetap LPPM Nuansa UMY dilantik oleh Triyana dari Career Development Center (CDC) sebagai perwakilan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan yang berhalangan hadir pada kesempatan tersebut.

Proses pelantikan dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Rektor UMY tentang Kepengurusan UKM LPPM Nuansa UMY periode 2016/2017 oleh Triyana dan dilanjutkan dengan pengucapan sumpah jabatan oleh anggota tetap LPPM Nuansa UMY. Setelah pembacaan sumpah jabatan, Pemimpin Umum (PU) periode 2015/2016 dan PU periode 2016/2017 menandatangani surat keterangan serah terima jabatan dan diakhiri dengan penyematan ID Pers secara simbolis.

Sebagai perwakilan dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswa, Triyana dalam sambutannya berpesan agar saling menyeru pada kebajikan sesuai dengan ayat yang dibacakan pada pembacaan kalam ilahi. Beliau mengaku ayat tersebut mengandung pesan penting yaitu “wong pinter kalah karo wong bejo” artinya orang pintar kalah dengan orang beruntung yang merupakan filosofi jawa. Sebagai seorang pers mahasiswa dikatakan orang yang beruntung karena dengan menulis dapat menggerakan seseorang untuk membaca hal-hal yang baik khususnya pemberitaan seorang jurnalis.“Berbuatlah baik maka keberuntungan tanpa disangka akan menghampirimu,” tutup Triyana mengakhiri sambutannya.

Sulis yang merupakan PU LPPM Nuansa UMY periode 2015/2016 dalam sambutan terakhirnya berpesan kepada kepengurusan yang baru untuk tetap menjaga rasa solidaritas dan koordinasi. Ia berharap dengan sikap solid dan koordinasi periode kedepan dapat menjadikan Nuansa yang lebih baik dari sebelumnya.“Kita merupakan Pers Mahasiswa bukan Pers Kampus yang hanya bisa mengapresiasi. Dalam setiap tulisannya Pers Mahasiswa harus bisa kritis namun tetap mengapresiasi, jika kita hanya mengapresiasi tanpa mengkritisi sama saja tidak berimbang,” ungkap Sulis dengan penuh semangat.

Acara diakhiri dengan sambutan PU periode 2016/2017 Kamalia Firdausi “semoga teman-teman pengurus LPPM Nuansa UMY periode 2016/2017 bisa menjaga komitmennya untuk terus membangun Nuansa lebih baik lagi dalam satu periode kedepan,” pesan Kamal. (BIM)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar