Mataf Hukum Tampilkan Debat dan Simulasi Sidang

Masa Taaruf Fakultas Hukum (FH) dilaksanakan pada Rabu (7/9), bertempat di Ruang Sidang Ar Fachruddin B Lantai 5. Pada tahun 2016, sebanyak 455 mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa baru FH UMY, terdiri dari 380 mahasiswa kelas reguler dan 75 mahasiswa kelas internasional.

Dalam sambutannya, Prihati, Wakil Dekan FH UMY menyampaikan harapan yang besar kepada mahasiswa baru fakultas hukum UMY 2016.Jangan sampai prestasi yang sudah didapatkan selama ini berhenti sampai di sini dan kalian patut berbangga menjadi bagian dari FH UMY. Nikmatilah Mataf kalian, karena ini bukan perpeloncoan tetapi ini adalah masa pengenalan,” ungkap Prihati dalam sambutannya.

Pada Mataf FH tahun 2016 ini, panitia mengangkat tema “Membentuk Penegak Hukum Berkarakter dan Berwawasan Syariah dalam Menegakkan Hukum yang Berkeadilan”. Tema tersebut diambil dengan tujuan agar terciptanya keadilan yang hakiki, seperti yang disampaikan oleh ketua panitia mataf Fakultas Hukum Ivan Aditya Putra. “Tema ini berangkat dari kegelisahan kami akan keadilan yang semakin minim dan ini kaitannya dengan penegak hukum. Kenapa kami mengangkat tema ini karena penegak hukum saat ini justru memasifkan suatu keadilan sehingga kami berharap dengan adanya tema ini menciptakan suatu keadilan yang hakiki,” ungkap Ivan.

Selain itu, panitia menyuguhkan penampilan yang berbeda pula. Seperti halnya, opening Mataf yaitu dengan konsep yang dihadirkan oleh Dewi Justicia sebagai maskot dalam pemberian ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru fakultas hukum UMY yang dibalut dengan drama kolosal yang apik. Selain pertunjukan opening yang spesial, Mataf tahun ini juga menampilkan debat tentang hukuman mati para pengedar narkoba oleh komunitas debat IPOLS (Intenational Program of Law and Sharia) yang menuai pro dan kontra dan penampilan komunitas peradilan semu PETITA yang menampilkan sebuah sidang mengenai kasus penganiayaan.

Selain adanya penampilan dari setiap komunitas yang ada di fakultas hukum, berbagai pemateri juga turut dihadirkan dalam mataf ini. Dimulai dengan penyampaian materi oleh ketua prodi hukum Joko Leli yang memberikan materi mengenai pengenalan dunia kampus dan Nasrulloh selaku direktur IPOLS. Nasrulloh menerangkan bagaimana sistem maupun perkuliahan yang ada di IPOLS, beliau juga mengenalkan beberapa mahasiswa dan alumni berprestasi yang ada di IPOLS. Selain itu ada juga dosen FH yang menjelaskan tentang provesi hukum (Advokat) antara idealis dan realitas. Selain mengenalkan mahasiswa baru dengan dunia kampus dan profesi hukum, panitia juga turut mendatangkan mantan wakil Mahkamah Agung Syamsul Hadi dan seorang hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta Sumedi. 

Dengan adanya pemateri-pemateri yang didatangkan tersebut besar harapan Ivan untuk dapat melahirkan generasi yang dapat membawa suatu keadilan bagi negara Indonesia dan mahasiswa baru Fakultas Hukum UMY 2016 bisa kompak. (AHP, RIS)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar