Mataf FAI Hadirkan Politisi Afnan Hadikusumo

   
     Sebanyak 534 Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) 2016 melangsungkan kegiatan Mataf Fakultas yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM ) FAI di Unires Putra, Rabu (7/9). Mataf tahun ini mengangkat tema “Mahasiswa FAI yang Intelek dan Berkarakter menuju FAI yang Lebih Berwarna”. 
       Arif Prasetyo, selaku Ketua Panitia berharap melalui tema ini mahasiswa FAI dapat menjadi mahasiswa yang memiliki intelektual yang tinggi dan bisa berkreasi.Mahasiswa intelektual dan berkarakter dibutuhkan karena mahasiswa sekarang harus bisa berkreasi” ujarnya.
      Dalam Mataf FAI tahun ini, panitia mengundang Muhammad Afnan Hadikusumo, salah satu anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). Sebagai pemateri beliau menyampaikan tema mengenai “Dunia Islam dan Peran Pemuda Muslim dalam Peradaban Bangsa”. Beliau menegaskan agar mahasiswa di era sekarang dapat meneladani serta menelaah sikap dari K.H Ahmad Dahlan yang jelas-jelas menerapkan pendidikan sebagai dasar dalam beragama. “Langkah yang dilakukan pertama kali oleh K.H Ahmad Dahlan adalah memperbaiki sistem kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia ini, beliau juga berperan penting dalam pengubahan mindset yang dulunya tradisional menjadi pemikiran yang lebih modern,” ujarnya.
     Selain materi yang telah disampaikan narasumber Muhammad Afnan Hadikusumo, panitia juga menyiapkan materi mengenai keorganisasian yang bertemakan ‘’Kuliah sambil organisasi’’ yang diisi oleh Sutan Kumala Pontas selaku Wakil BEM Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UMY. Diharapkan dengan materi ini mahasiswa baru dapat mencari aktivitas yang positif seperti berorganisasi agar mahasiswa itu tidak hanya bermodalkan intelektualitas tapi kekurangan pengalaman, agar masa depan yang sukses dapat diraih dengan cara yang seimbang. Selain materi yang telah disampaikan hari ini, Mataf FAI juga mengadakan jelajah kampus yang bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru agar bermanfaat dalam kegiatan perkuliahan.
       Ahda Marza Indra, mahasiswa baru FAI jurusan Komunikasi dan Konseling Islam (KKI) mengaku sangat senang atas terselenggaranya Mataf hari ini. “dengan begitu kita bisa berkenalan dengan teman-teman baru dan dosen-dosen yang akan mengajar kita nanti, ujar mahasiswa asal Riau tersebut. (HRP/CDL)
           



Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar