Haedar Nashir: Mahasiswa Harus menjadi Pelaku Perubahan Sosial


Sejak Selasa pagi (6/9), mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun 2016 sudah berkumpul di halaman Sportorium UMY. Mereka berkumpul sejak pagi untuk memulai Masa Ta’aruf (Mataf) Universitas di hari pertama yang dilaksanakan di Sportorium UMY. Pada tahun 2016 ini, tercatat sebanyak 4.788 mahasiswa baru yang terdiri dari sembilan fakultas UMY mengikuti acara pembukaan Mataf 2016.

Dengan mengangkat tema “Rekontruksi Karakter”, pembukaan Mataf 2016 tahun ini dihadiri oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir. Hadir pula Rektor UMY, Bambang Cipto beserta jajaran pejabat kampus dalam acara tersebut. Acara yang dibawakan oleh enam pembawa acara yang mewakili setiap bahasa yang diawali oleh pembacaan kalam ilahi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sunshine Voice dan sambutan-sambutan.

Ketua Panitia Mataf 2016, Riza Fauzi mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan Mataf ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru sehingga mahasiswa dapat lebih mengenal kampusnya. Selain itu, mahasiswa baru juga akan dikenalkan dengan dinamika kuliah yang ada di kampus UMY dan bisa menjadikan mahasiswa tahun ini menjadi mahasiswa yang mempunyai karakteristik kritis, jujur, dan bertanggungjawab.Sambutan selanjutnya dilanjutkan oleh Presiden Mahasiswa UMY, Biantara Albab. Dengan penuh semangat Biantara menyampaikan sambutannya, bahkan di akhir sambutan Biantara menantang seluruh mahasiswa baru untuk berani bersumpah.

Sementara itu, Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam sambutannya menyampaikan harapan yang besar kepada mahasiswa baru UMY agar dapat menjadi insan pembelajar yang menjadi pelaku perubahan sosial. “Kalian harus bisa menjadi seorang pembelajar, jadilah seorang insan pembelajar yang haus ilmu, kaya harapan, dan mempunyai integritas moral tinggi yang bukan hanya sebagai penggerak perubahan, tidak hanya cerdas dalam ilmu, namun juga cerdas dalam akhlak dan jadilah insan pelaku perubahan sosial yang membawa misi pencerahan yang dapat melakukan perubahan-perubahan sosial,” ungkap Haedar Nashir dalam sambutannya.

Mataf 2016 secara resmi dibuka oleh Rektor UMY, Bambang Cipto ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan jas almamater secara simbolik kepada perwakilan mahasiwa baru UMY. Rangkaian acara Mataf akan berlangsung selama tiga hari hingga 8 September 2016 mendatang. (AHP)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar