Birokrasi UMY Manfaatkan Mataf untuk Sosialisasi

Masa Ta’aruf (Mataf) Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) 2016 secara resmi dibuka oleh Rektor UMY Bambang Cipto pada Selasa pagi (6/9). Pembukaan tersebut  ditandai dengan pemukulan gong oleh Rektor UMY serta pemakaian almamater kepada empat mahasiswa baru UMY yang terdiri dari dua mahasiswa asing asal Rwanda dan Arab Saudi serta dua mahasiswa Indonesia yang berasal dari Propinsi Nangroe Aceh Darussalam dan Papua.

Rangkaian acara hari pertama Mataf UMY 2016 dilanjutkan dengan sosialisasi dari beberapa pihak yang ada di UMY, di antaranya sosialisasi mengenai Perpustakaan Pusat UMY, Biro Sistem Informasi, Biro Akademis, Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC), serta Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA).

Sosialisasi pertama disampaikan oleh Ketua Perpustakaan UMY, Lasa HS yang memberikan informasi serta pengetahuan terkait perpustakaan yang ada di UMY. Menurut Lasa HS, ada 18 perpustakaan yang tersebar di seluruh fakultas di UMY. Sedangkan Perpustakaan Pusat UMY sendiri terpusat di Gedung D lantai tiga UMY. Selanjutnya sosialisasi disampaikan oleh pihak Biro Akademis dan Biro Sistem Informasi yang menyampaikan informasi terkait sistem informasi yang ada di UMY seperti Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) berbasis Radio Frequency Identification (RFID).

Kemudian penyampaian sosialisasi dilanjutkan oleh Ketua MTCC UMY dan Kepala LPKA UMY. MTCC adalah lembaga resmi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY yang melakukan sosialisasi demi terwujudnya kawasan tanpa rokok di lingkungan forum, fasilitas, dan amal usaha Muhammadiyah serta masyarakat luas. Sedangkan LPKA adalah lembaga yang berhubungan langsung dengan mahasiswa. Seperti yang disampaikan oleh Ketua LPKA Agus Nugroho bahwasannya LPKA adalah lembaga yang bersentuhan langsung dengan mahasiswa. Sosialisasi yang disampaikan pun terkait pengembangan kemahasiswaan. 

Akhirnya rangkaian sosialisasi yang disampaikan oleh beberapa pihak yang ada di UMY tersebut ditutup dengan sesi tanya jawab antara para mahasiswa baru dengan para pemateri sosialisasi. (kaf)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar