Lawan Komersialisasi Kampus, Mahasiswa UNSOED Gelar Aksi Hari Ini


Ratusan mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto yang tergabung dalam Aliansi Soedirman Melawan melakukan aksi pada Kamis, (16/6/2016) di halaman rektorat UNSOED. Aksi ini dilakukan karena mereka sudah gerah dengan praktik komersialisasi kampus yang sudah langgeng bertahun-tahun. “Aksi ini adalah wujud perlawanan kita terhadap komersialisasi pendidikan di Indonesia. Aksi hari ini juga adalah akumulasi dari tahun-tahun sebelumnya tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mana setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan,” kata salah satu koordinator aksi, Muflih Fuadi ketika dihubungi di sela-sela aksi.

Dalam aksinya ini, Aliansi Soedirman Melawan membawa beberapa tuntutan, beberapa di antaranya adalah mencabut Surat keputusan Rektor No. Kep. 491/UN23/KM 02/2016 tentang Uang Pangkal dan tidak menerapkan uang pangkal, meninjau ulang penerapan UKT yang telah diterapkan sejak 2012 hingga 2015, dan menuntut agar rektorat UNSOED untuk tidak bertindak represif terhadap mahasiswa.

Terkait dengan tuntutan terakhir, diketahui bahwa pada tanggal 14 Juni 2016, pihak rektorat UNSOED menutup sekretariat Teater Pulih yang juga merupakan sekretariat Himpunan Mahasiswa Jurusan Farmasi dengan alasan perbaikan fasilitas. Sebelumnya, Teater Pulih dan HMJ Farmasi memang dikenal aktif menjadi arda terdepan dalam isu UKT di UNSOED. “Tanggal 13 Juni 2016 lalu kami mengadakan konsolidasi terkait dengan aksi hari ini. Tiba-tiba, keesokan harinya sekretariat kami dibredel oleh kampus dengan alasan perbaikan fasilitas padahal tidak ada yang rusak,” terang Aldi Soebakir, pengurus Teater Pulih.

Menurut sumber di lapangan, tadi siang massa aksi berkumpul di halaman rektorat dan telah mendengarkan penjelasan dari Wakil Rektor  bidang Kemahasiswaan dan Umum UNSOED, Prihananto, sedangkan Rektor UNSOED, Achmad Iqbal tidak berada di tempat. 
(Bryan Bimantoro)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar