Dahsyatnya Salat Tahajud



Penulis : Fatonah

Salat Tahajud merupakan salat shunnah yang dilakukan sepertiga malam yaitu sekitar jam 01.00-03.00 atau sampai sebelum salat subuh. Tapi tidak sedikit diantara kita melakukan sebelum tidur karena takut tidak bangun salat tahajud.
Salat malam ini banyak sekali manfaatnya dan terkadang salat tahajud mendatangkan keajaiban yang tak disangka-sangka, subhanallah, sebagaimana firman Allah SWT surat Al-Isra’ ayat 79 yang berbunyi: “Dan pada sebagian malam bertahajudlah dengannya sebagai tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat engkau ke tempat yang terpuji." 


Apalagi sekarang sudah memasuki bulan Ramadhan, kesempatan kita untuk memperbanyak salat tahajud. Bangun sahur sambil nunggu jam 3 kita bisa salat tahajud dulu, atau makan sahur dulu baru salat tahajud juga boleh, asal jangan sampai mepet dengan waktu subuh.

Salat tahajud banyak sekali manfaatnya, diantaranya:

1. Membuat hati merasa aman dan tentram.
2. Dijauhkan dari godaan syaitan.
3. Memperlancar rezeki.
4. Menumbuhkan ketenangan berfikir serta bertindak.
5. Membuat badan menjadi sehat.
6. Membersihkan pikiran yang jelek.
7. Membuat seseorang menjadi lebih positif.

Dan masih banyak lagi manfaat dari salat tahajud. Ada sebuah cerita dari ceramah Ust Yusuf Mansyur, ada seorang pengusaha pakaian yang dulunya adalah seorang penjual lem tikus, dia ingin sukses kemudian datanglah ia ke beliau (Ust Yusuf Mansyur) kemudian beliau menyarankan untuk salat tahajud setiap malamnya. Setelah dia sukses sebagai pengusaha pakaian, dia datang ke Ust dan berkata “alhamdulillah ust saya bisa membelikan istri saya mobil Alphard tapi saya dapat mobil Alphard ini udah tidak ada artinya lagi ust karena Allah tiap malam sudah memberi saya dunia dan seisinya."

Bagaimana dengan kita yang selalu bilangnya susah, yang katanya banyak masalah, dan masih banyak keluhan lainnya. Tapi sekarang saya akan kasih solusinya, yaitu dengan salat malam, salat yang pada males ngerjainnya, yang lebih memilih tidur daripada bangun untuk salat malam karena itu kita punya derajat dibawah, ekonomi dibawah. Andai ya seluruh warga Indonesia setiap malam salat tahajud, pasti Amerika bisa kita beli, tapi sekarang malah Indonesia yang dibeli sama Amerika. Ya itu kita kembali lagi, salat malam tidak pernah, salat subuh kesiangan, salat ashar mepet magrib. Nah mulai malem ini kita niatkan untuk salat tahajud tiap malam dan istiqamah. 

Salat tahajud lebih baik dari dunia dan isinya, kita menginginkan dunianya Allah, setiap malam, setiap sepertiga malam dan bahkan dipenghujung malam Allah datang ke kita, tapi kita malah asik dengan tidur kita. Orang yang tidak mau salat malam hidupnya terasa berat, hari-harinya terasa berat, mau usaha adanya hutang terus, ada banyak proyek pusing terus, itulah yang namanya hidupnya terasa berat, karena mereka tak mau berbagi dengan Allah. Andai setiap malam kita datang ke Allah, segala urusan pasti terselesaikan, punya utang sebesar gunung pun bisa terbayarkan, tapi syaratnya, salat tahajud tiap malam. Pada dasarnya, salat tahajud yang dilakukan dengan khusyuk dan semata-mata hanya karena Allah, hidayah dan berkah yang kita raih sungguh luar biasa. 

Mungkin manfaat dari salat tahajud tidak dapat kita rasakan dalam jangka waktu dekat, tapi akan dirasakan diwaktu mendatang. Karena sesungguhnya Allah maha mengetahui segala-Nya. Dan Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang rela mengerjakan salat tahajud. Semoga Allah senantiasa membimbing kita dalam kesabaran dan memberi pertolongan yang kita hadapi dan selalu mendapat kemudahan-Nya. Aamiin.
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar