Yogyakarta Tuan Rumah Munas IMIKI Kedelapan



Pada Senin (23/5) sekitar 150 mahasiswa Ilmu Komunikasi yang berasal dari Sabang sampai Merauke berkumpul di Auditorium Kahar Muzakir Universitas Islam Indonesia (UII). Tahun ini menjadi tahun bagi kampus yang berlokasi di Jalan Kaliurang itu menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia atau biasa disebut Munas IMIKI. Munas IMIKI sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 23 hingga tanggal 27 Mei. Menurut Budi Haryadi selaku panitia menjelaskan pada hari pertama akan dilakukan rangkaian acara pembukaan yang terdiri atas acara bincang-bincang, donor darah dan donor buku. Kemudian pada malam harinya akan dilanjutkan pelaksanaan Munas yang akan dilaksanakan di Gedung Youth Center Sleman, Yogyakarta. Pelaksanaan Munas itu sendiri dijadwalkan sampai tanggal 26 Mei. Setelah itu, pada tanggal 27 Mei acara akan ditutup dengan Tur Kota. Tur Kota merupakan salah satu acara untuk memperkenalkan berbagai budaya di Yogyakarta. 

“Peserta akan kami bawa ke Pantai Goa Cemara, lalu setelah itu akan kami ajak jalan-jalan ke sekitar Malioboro seperti 0 Km, Kraton dan tempat-tempat bersejarah lainnya,” papar Budi.

Acara dibuka oleh beberapa sambutan seperti Ketua Panitia, Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) UII, dan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UII. Dalam sambutannya, Cucuk Amanto selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa semoga dengan Munas ini, akan semakin memberi perubahan yang lebih baik dan lebih istimewa seistimewa kota Yogyakarta.

“Ya seperti lokasi Munas kita tahun ini, di Yogyakarta, semoga Munas IMIKI kali ini dapat lebih istimewa seperti Yogyakarta,” ungkapnya. 

Acara munas tersebut di buka dengan pemecahan kendi oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UII, Muzair Nazaruddin. Pada sambutannya beliau juga banyak memaparkan mengenai media dan perubahan. Seperti dampak-dampak yang baik maupun yang buruk dari perkembangan media baru di era sekarang ini. Bagi Muzair, mahasiswa Ilmu Komunikasi memiliki peran yang sangat sesuai dalam permasalahan-permasalahan yang ditimbulkan akibat media baru tersebut. Dalam sambutannya beliau berharap,

“Semoga munas kedelapan ini menghasilkan hal-hal yang konstruktif bagi teman-teman, masyarakat dan seluruh Indonesia” seraya mengakhiri sambutannya. 

Mozaik selaku Ketua HIMAKOM UII mengungkapkan bahwa HIMAKOM UII sangat mengapresiasi terkait penyelenggaraan acara Munas IMIKI. Selain sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Indonesia, baginya acara tersebut juga bisa dianggap sebagai kerja sama yang saling menguntungkan atau diibaratkan simbiosis mutualisme karena pada tanggal itu juga, HIMAKOM sedang mengadakan acara Kampung Komunikasi. Ia juga berharap, semoga IMIKI bisa semakin luas dan mampu mewadahi aspirasi seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Diana Suwita yang merupakan salah satu peserta dari Universitas Mataram, baginya ia bersyukur dengan adanya acara ini karena melalui IMIKI ini ia bisa menambah relasi dari beberapa penjuru kampus di Indonesia. 

“Harapannya sih semoga acara ini bisa selalu nyaman sampai akhir acara nanti dan semoga IMIKI semakin solid ke depannya,” tutup Diana. (GYS/KAF)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Acara ini kemarin rame banget, bisa ketemu mahasiswa ilmu komunikasi seluruh indonesia

    BalasHapus