SMAN 1 Jepara Raih Juara I National English Speech Competition 2016


Anita Munafia dari SMAN 1 Jepara berhasil meraih Juara 1 National English Speech Competition IV (NESCO IV) yang diselenggarakan oleh English Department Student Association (EDSA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kompetisi pidato Bahasa Inggris tingkat nasional ini diikuti oleh 25 siswa-siswi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) seluruh Indonesia. NESCO IV kali ini mengangkat tema besar yaitu "ASEAN Economic Community (AEC), We Are Ready", bertempat di Ruang Minitheater Gedung D Kampus UMY pada Minggu (8/5).

“Tema ini kami pilih karena AEC mulai bergulir tahun ini, sekaligus kami ingin mensosialisasikan AEC kepada teman-teman SMA sebagai generasi muda,” jelas David Akbar Hasyemi Rafsanjani Ketua EDSA UMY. Ia menjelaskan bahwa dalam babak kualifikasi dan final, panitia menyiapkan 5 sub tema yang dipilih bebas oleh peserta, yaitu “Creativities and skills to faces AEC”, “Is Indonesia ready to face AEC?”, “Foreign employees: The key of AEC”, “Entrepreneurship and youth for AEC”, dan “The influence of AEC on Indonesian cultures”. Masing-masing peserta diberikan waktu 7-10 menit untuk menyampaikan pidato yang telah dipersiapkan.

Penyelenggaraan NESCO tahun ini diikuti oleh nama-nama baru yang berbeda dari NESCO tahun-tahun sebelumnya. 

“Kita memang sempat mengalami kendala, sekolah yang dahulu ikut dan menjadi juara bertahan tahun ini tidak berpartisipasi,” ungkap Sri Puji Hapsari ketua NESCO IV. Meskipun demikian dia cukup senang karena NESCO kali ini tetap dapat berjalan dengan baik.

Anita Munafia berhasil meraih skor tertinggi yakni 333,5, hanya terpaut tipis dari Gaharu Adhi Putri dari SMA 6 Yogyakarta yang meraih Juara II dengan skor 332. Menurut juri, Anita lebih unggul dalam fakta dan penelitian saat berpidato. 

“Seneng banget, speech contest kali ini seru. Aku memang sempat melakukan research tentang AEC di Mulyaharjo sentra industri ukir di Jepara ketika hari Kartini lalu. Kenyataannya memang belum banyak pengrajin mebel di Jepara yang tahu tentang AEC kecuali mereka yang mungkin ikut asosiasi,” ujar Anita.

Selain Anita dan Gaharu yang berhasil meraih Juara I dan II, Juara III NESCO IV diraih oleh Aghnia Fadila dari SMAN 1 Sewon dengan skor 274, Juara Harapan I diraih oleh Wara Maheswari dari SMAN 7 Yogyakarta dengan skor 244,5 dan Calvina Izumi dari SMAN 7 Yogyakarta meraih Juara Harapan II dengan skor 225.

“Acara NESCO keren banget, panitia juga responsif. Aku berharap setiap tahun akan tetap diadakan karena saat ini mulai jarang diselenggarakan kompetisi English speech contest”, tutup Anita. (UMA)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar