Public Lecture 4: The Power of Man Jadda Wajada


Jumat (13/5), University Residence (UNIRES) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Public Lecture 4 yang bertajuk “Istiqomah dalam Kebaikan” di lantai dasar gedung Y UNIRES Putri. Public Lecture yang keempat ini merupakan Public Lecture terakhir yang wajib diikuti oleh para resident UNIRES baik putra maupun putri setelah sebelumnya diselenggarakan Public Lecture yang pertama, kedua, dan ketiga guna memberikan kuliah umum bagi para resident UNIRES Putra maupun Putri. Hadir sebagai pembicara dalam Public Lecture tersebut, seorang penulis buku “Man Jadda Wajada”, Akbar Zainudin dan dimoderatori oleh seorang Senior Resident Putra, Biantara Albab.


Public Lecture 4 juga dihadiri oleh Kepala UNIRES, Ghoffar Ismail. Dalam sambutannya, Ghoffar berharap acara tersebut mampu memberikan semangat yang lebih terhadap para resident sebelum keluar dari UNIRES. “Acara ini diharapkan mampu memberikan semangat sebelum kalian keluar dari UNIRES. Selain itu juga dapat memberikan motivasi dan gairah baru ketika terjun ke masyarakat,” tuturnya. Hal senada juga dilontarkan oleh Siti Kholifah selaku Pembina UNIRES Putri. “Satu tahun itu bukan waktu yang panjang, namun sangat cepat, sehingga setelah acara ini selesai, apa yang mereka dapatkan dari sini itu dapat membekas dan dapat dijadikan motivasi bagi mereka,” terang Siti. 


Akbar Zainudin, penulis buku “Man Jadda Wajada” tersebut dalam materinya memaparkan betapa pentingnya  bersungguh-sungguh untuk mencapai suatu kesuksesan. Menurut Akbar terdapat delapan cara yang harus dilakukan guna mencapai suatu kesuksesan. Pertama yaitu dengan selalu berpikir positif, jangan lesu, banyak bersyukur, mengenali siapa diri kita, membangun kepercayaan diri, berani bermimpi, merencanakan apa yang akan dilakukan, lalu melakukan apa yang telah direcanakan, menjadi diri sendiri dan yang terakhir yaitu membuat komitmen dengan diri sendiri. “Man Jadda Wajada bukan hanya hafalan, namun juga harus menjadi filsafat hidup untuk mengubah keadaan,” papar Akbar. 

Untuk mencairkan suasana di sela-sela materinya, Akbar yang juga merupakan pemilik PT. EMJEWE Training and Conculting, mengajak para resident untuk melakukan suatu permainan guna meningkatkan keyakinan dan keberanian para resident. Akbar juga mengajak para resident supaya tidak berburuk sangka atau suudzon terhadap Allah swt. jika terdapat suatu keinginan atau cita-citanya yang masih belum tercapai. “Mimpi itu harus diraih dan diwujudkan, jika belum tercapai, bersabarlah dan jangan menggerutu, apalagi bersuudzon terhadap Allah,” jelas Akbar.

Selain kuliah umum, pada acara Public Lecture tersebut juga dilaksanakan wisuda bagi resident putra maupun putri yang telah berhasil menghafal juz 30. Terdapat lebih dari 100 resident putra dan putri yang berhasil diwisuda pada malam tersebut. Menurut Siti Kholifah, diadakannya wisuda sekaligus Public Lecture ini, merupakan salah satu ajang pemberian penghargaan kepada mereka yang dinilai telah menghargai program pembinaan di UNIRES. “Ini merupakan suatu apresiasi atau penghargaan yang diberikan kepada mereka karena telah mau menyisihkan waktu mereka untuk menghafalkan surat-surat di juz 30,” tuturnya. (alf)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar