Penuhi Target Awal, Perhitungan Surat Suara Pemilu Fisipol 2016 Resmi ditutup



Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) 2016 resmi menutup perhitungan surat suara Pemilu Fisipol 2016 yang dilaksanakan sejak hari Rabu (18/5) pukul 10.30 WIB hingga Kamis (19/05) pukul 13.30 WIB di lobi Fisipol UMY. 

Adapun perolehan sementara yang telah disahkan oleh KPU Fisipol pada pemilihan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) sebanyak 1558 suara, jauh meningkat dari tahun lalu yang berjumlah 1195 suara. Partai Amanat Mahasiswa (PAM) memimpin dengan total 639 suara, menyusul Partai Islam Progresif Revolusioner (PISIPOL) sebanyak 621 di urutan ke dua, Partai Insan Cita (PITA) memperoleh 164 suara, dan Partai Cerdas Bersama (PCB) dengan 65 suara. Sedangkan total suara yang tidak sah sebanyak 69 suara. Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Abdul-Zaki dari PAM memperoleh suara tertinggi sebanyak 641 suara, berbeda tipis dengan pasangan Edward-Abi dari PISIPOL dengan 633 suara. Pasangan Pita Okky-Erzha memperoleh 111 suara dan pasangan PCB Sapri-Novita memperoleh 101 suara. Sehingga total surat suara untuk Cagub dan Cawagub 1560 suara dengan 74 suara tidak sah. 

Sesuai dengan peraturan yang diberlakukan oleh KPU Fisipol, bahwa setelah perhitungan suara berakhir KPU Fisipol memberikan batas waktu 1x24 jam bagi partai untuk melayangkan gugatan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait rangkaian Pemilu Fisipol 2016. Kemudian penetapan pemenang pemilu dan pembagian kursi DPM akan ditentukan saat Rapat Pleno KPU Fisipol mendatang. Hingga saat ini, pihak partai menganggap ada beberapa hal ganjal. Salah satu yang paling mencolok adalah adanya perbedaan dua surat suara antara suara calon DPM Fisipol dan Cagub dan Cawagub Fisipol. 

“KPU punya aturan dan punya sistem. Tupoksi (tugas pokok dan fungsi - red) kami hari ini adalah mengenai penghitungan surat suara yang ada di calon gubernur dan calon DPM. Sehingga ada teknisnya sendiri teman-teman menggugat silahkan, 1x24 jam melapor pada Bawaslu, nanti akan kita tindaklanjuti besok dengan waktu 2x24 jam. Itu sudah tertera di aturan,” tegas Rudi, Ketua KPU Fisipol 2016 saat penutupan perhitungan pemilu. (LR)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar