Pemilu Fisipol 2016 Targetkan 1500 suara


Suasana Taman Indah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah ramai dipadati mahasiswa Fisipol sejak jam 9.00 pagi tadi. Hari ini (18/5) menjadi momen penting bagi masyarakat Fisipol, bahwasanya akan terpilih Gubernur dan Calon Gubernur yang baru. Pasangan Edward-Abi dari Partai Islam Progresif Revolusioner (Pisipol), Abdul-Zaki dari Partai Amanat Mahasiswa (PAM) , Sapri-Novita dari Partai Cerdas Bersama (PCB), dan pasangan terakhir Oky-Erzha dari Partai Insan Cita (Pita) siap berkompetisi secara sehat dalam pemilu tahun ini. 

Bambang Wahyu Nugroho, Wakil Dekan Fisipol juga turut hadir dalam meninjau ulang kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fisipol dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fisipol dalam menyiapkan segala hal, termasuk penyediaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan lainnya. “Dari penyelenggaraan Pemilu 2016 ini dengan harapan bisa berlangsung tertib aman dan lancar serta pilihan sesuai dengan aspirasi warga mahasiswa Fisipol,” ujar Bambang saat ditemui di lobi Fisipol pagi tadi (18/5). 

Bambang juga menyampaikan penilaiannya terhadap kinerja KPU dan Bawaslu 2016 yang memperlihatkan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun lalu. “Ada operasionalisasi dari identifikasi dari siapa yang berhak maupun tidak berhak milih, itu lebih tegas dibandingkan periode yang lalu,” tambahnya. Selain itu, ia juga memuji partai-partai politik peserta pemilu yang lebih disiplin dan tertib, dari segi pendaftaran dan pemenuhan persyaratan. 

Hal yang serupa di ungkapkan Fery, Ketua Bawaslu Fisipol, bahwa belum ada pelanggaran berat yang berarti. “Sejauh ini pelanggaran-pelanggaran yang terjadi masih dapat diselesaikan di dalam Bawaslu, belum ada case yang harus sampai koordinasi dengan KPU maupun melakukan rapat pleno. Harapannya hingga akhir tidak ada case yang seperti itu,” ujar Fery. 

Baik Dekanat dan KPU Fisipol memiliki target pencapaian suara pemilu ada tahun ini adalah sebanyak 1500 suara. “Saya pikir, akan berkisar 1300-1500 suara untuk masing-masing kriteria, gubernur-wagub dan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa - red),” ujar Bambang. Alvina Widya, Bendahara KPU 2016 juga mengungkapkan target KPU Fisipol tahun ini yakni 1500 suara. 

TPS yang bertempat di Taman Indah Fisipol sendiri akan dibuka dari jam 09.00 hingga 17.00 WIB. Sehingga masyarakat Fisipol memiliki waktu sekitar 9 jam untuk memilih pemimpin Fisipol ke depannya. Berbeda dengan tahun lalu, TPS kali ini memiliki zona steril di mana wilayah tersebut bebas dari seluruh anggota partai untuk mendekat ke tempat pencoblosan suara, sehingga TPS kali ini terlihat lebih rapi dan tertata. (LR)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar