Partai Pemilu Fisipol Sepakati Jalani Pemilu dengan Damai


Deklarasi Damai Pemilihan Umum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Pemilu Fisipol UMY) yang dilakukan pada Sabtu (7/5) di Ruang Simulasi Sidang HI, dihadiri oleh empat partai yang lolos verifikasi di antaranya adalah Partai Islami Progresif Revolusioner (Pisipol), Partai Amanat Mahasiswa (PAM), Partai Cerdas Bersama (PCB) dan Partai Insan Cita (Pita). Hadir juga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fisipol, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fisipol, perwakilan lembaga mahasiswa di Fisipol, dan simpatisan. 

“Kampanye sudah dapat dilaksanakan sejak hari ini, 7 Mei hingga 16 Mei,” ujar Rudianto Marbun, selaku Ketua KPU Fisipol 2016. Mengenai mekanisme kampanye, dalam regulasi terdapat perombakan mengenai atribut kampanye, di antaranya dapat dilakukan dengan pertemuan terbatas, tatap muka, media elektronik serta media non elektronik. Media non elektronik wajib dilaporkan terlebih dahulu dan dilegalisasi oleh KPU, dengan batasan maksimal 100 buah, termasuk banner, pamflet, poster, dan media cetak lainnya. “Apabila ada media kampanye yang melanggar, seluruh masyarakat Fisipol berhak untuk mencopotnya, tidak hanya dari KPU dan Bawaslu,” tambah Rudi. Pemasangan atribut kampanye juga harus sesuai dengan etika dan estetika yang diatur dalam peraturan.

Kampanye terbuka akan dilakukan selama 4 hari dimulai dari hari Senin (9/5) oleh PCB, Selasa (10/5) oleh PAM, rabu (11/5) oleh Pita dan kamis (12/5) oleh Pisipol. 

Sesuai dengan peraturan KPU Fisipol, kampanye terbuka hanya boleh dilaksanakan di Lobi Fisipol dan Lobi Prodi Hubungan Internasional. Soal kampanye melalui media sosial, KPU memberikan kebebasan dengan syarat peserta pemilu menyerahkan akun resmi setiap partai dan tetap mengutamakan etika dan estetika yang berlaku. Berbeda dengan tahun sebelumnya, debat calo gubernur dan calon wakil gubernur akan dilakukan selama dua kali pada tanggal 14 Mei dan 16 Mei. 

Baik KPU Fisipol, Bawaslu Fisipol, dan seluruh partai peserta Pemilu Fisipol mengharapkan agar Pemilu Fisipol yang akan dilaksanakan pada Rabu (18/5) mendatang dapat berjalan lancar, peserta pemilu pun dapat saling mendukung dan bermain secara sehat dan memberikan masyarakat Fisipol pemilu yang demokratis dan sebaik-baiknya. KPU juga menghimbau peserta pemilu dapat saling mengontrol dan mengawasi, meskipun tetap ada pengawasan dari Bawaslu. 

Mengenai pelanggaran, baik administrasi, kode etik, yang kemudian terdapat gugatan maupun sengketa, Bawaslu akan melakukan pengawasan serta menindaklanjuti jika terdapat sengketa maupun gugatan. Namun, tidak semua gugatan dapat ditindaklanjuti, seperti jika ketidakjelasan permasalahan, tidak adanya bukti atau validitas dari pelapor. Dalam deklarasi damai ini, keempat partai menyepakati menjalankan pemilu Fisipol sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku. Kemudian, dari keempat partai peserta pemilu Fisipol berharap semua pihak khususnya masing-masing partai dapat menjalankan Pemilu yang demokratis, sehat dan sebaik-baiknya. (RKH & LR)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar