Menjadi Penyiar yang Handal Melalui Kompetisi


Lokakarya Penyiaran dan Penyuntingan Suara bertajuk “How to Be a Good Broadcaster and Music Editor” mengundang euforia dari peserta kompetisi penyiaran. Peserta berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini berlangsung di Mini Theater gedung D lantai 4 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Jumat (6/5) dengan pengisi acara Tika Yusuf yang merupakan Program Director dan Announcer Swaragama FM Yogyakarta. Lokakarya ini merupakan serangkaikan kegiatan Broadcaster Award#8 Tingkat Nasional guna mempersiapkan kematangan peserta untuk berkompetisi pada 6-8 Mei 2016.

Seperti yang disampaikan oleh Tika Yusuf, untuk menjadi penyiar yang handal diperlukan teknik penguasaan penyiaran. Seperti halnya produksi suara, artikulasi, tempo, stressing dan streching, power dan volume, ekspresi suara, aksen hingga teknik penggunaan intonasi. “Menjadi penyiar bukan hanya dengan prestasi dan attitude yang memadai, namun bagaimana seseorang mampu mengolah karakter suara hingga memperoleh hasil siaran yang menarik,” kata Tika Yusuf. Dalam lokakarya, Tika juga mengajak peserta untuk latihan mengolah vokal dan menerapkan teknik yang telah disampaikannya dengan memberikan koreksi secara langsung.

Antusiasme peserta terasa ketika Tika Yusuf memberikan kesempatan peserta untuk unjuk kemampuan mempraktikkan bidang yang dikompetisikan. Seperti halnya kompetisi Presenter, Reporter, Radio Announcer, Radio Jingle dan News Reader. Salah satu peserta yang akrab disapa Keket mengaku bahwa menjadi penyiar merupakan hal yang baru dan pertama kali ia lakukan. “Baru sekali, dan pertama kali untuk menjadi penyair,” tambah Keket ketika ditanya Tika Yusuf.

Di sela-sela sambutannya Bambang Wahyu Nughroho selaku Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UMY berharap seusai kegiatan ini peserta mampu menyerap ilmu yang diperoleh. “Dengan adanya lokakarya radio yang digagas teman-teman Ikom Radio UMY ke depannya mampu menyiapkan penyiar yang handal dan mampu melahirkan penyiar muda yang professional,” tambah Bambang. (SLS/ NMS)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar