KPU UMY 2016 Targetkan Peningkatan Partisipan



Tidak terasa Pemilihan Umum Raya (Pemira) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada tanggal 26 Mei 2016 tinggal beberapa hari lagi. Sejak Kamis (19/5) Komisi Pemilihan Umum (KPU) UMY 2016 telah memasang Daftar Pemilih Tetap (DPT) di setiap fakultas UMY. Hal ini tertulis dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 3 tahun 2016, bahwa DPT harus diketahui oleh mahasiswa, sehingga apabila sebelum hari H terjadi kekeliruan mahasiswa tersebut dapat diklarifikasi. Rencananya, Tempat Pemungutan Suara (TPS) adakan diselenggarakan di 9 titik, yakni di setiap fakultas dan 1 TPS di Wirobrajan untuk mahasiswa Program Vokasi. 

KPU telah menyiapkan masing-masing 12.000 lembar surat suara Calon Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) serta Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, dari jumlah mahasiswa UMY aktif berjumlah 18.996 mahasiswa. Berkaca dari tahun lalu dengan surat suara terpakai berkisar 4000 hingga 5000 suara, untuk tahun ini KPU berharap adanya peningkatan. “Target kami sendiri adalah peningkatan partisipan dan tidak hanya itu supaya pemilih memilih dengan cerdas. Tidak banyak surat suara yang tidak sah juga,” ujar Inas Sany M, Ketua KPU UMY 2016 saat ditemui di lobi University Resident (Unires) Putri Senin malam. 

Guna mencapai tujuan tersebut, KPU telah melakukan beberapa publikasi dan sosialisasi salah satunya dengan banner dan poster disebar di lingkungan kampus dan lewat media sosial Instragram dan blog. “Teman-teman KKPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) pun Sabtu kemarin (21/05) juga sudah turun ke lobi-lobi untuk ngasih info soal pemira dan manfaatnya ke mahasiswa. Jadi pesan untuk mahasiswa tanggal 26 Mei besok, kita nggak lihat dari golongannya, dari orang-orangnya, dari teman siapa, kita lihat untuk UMY yang lebih maju. Kita kan sudah ngadain Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan, apa salahnya untuk memajukan UMY salah satunya dengan cara memilih dengan cerdas,” ujar Inas. 

Berbicara soal kesiapan KPU UMY, Inas juga mengatakan bahwa untuk sekarang KPU fokus pada persiapan pemira dimulai dari berkoordinasi dengan pihak partai peserta pemira dan penyediaan sarana prasarana untuk hari H. “Saat ini KPU lebih fokus ke persiapan pemira tanggal 26 Mei besok. Tanggal 25 (Rabu) siang kita sudah pasang-pasang tenda di tiap TPS dan paginya (26/5) menyiapkan kotak dan surat suara. Teman-teman partai pun hari ini (23/5) sudah kami undang dan beritahu untuk teknis di TPS besok, terkait aturan-aturan, ketentuan saksi, cara perhitungan, dan lainnya,” tutupnya. (LR)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar