Keseruan Penutupan Serangkaian Kegiatan Journalist Week 2016



Serangkaian acara dari Journalist Week (JW) 2016 dengan mengusung tema “Pemuda dan Perubahan” yang diadakan oleh Lembaga Penerbitan dan Pers Mahasiswa (LPPM) Nuansa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah berakhir. Penutupan serangkain acara JW 2016 ini dilaksanakan pada Minggu (15/5) di Gedung E Kampus UMY. Penutupan JW 2016 diisi dengan beberapa kegiatan seperti kelas jurnalistik berupa kelas media daring, citizen journalist, literasi dan fotografi. Peserta yang mengikuti kelas jurnalistik berasal dari berbagai mahasiswa se-Yogyakarta. 

Kelas jurnalistik ini sendiri diisi oleh pembicara dari beberapa media yang ada di Yogyakarta. Kelas Citizen Journalism diisi oleh jurnalis The Jakarta Post, Eko Penyo. Kelas Fotografi diisi oleh Ferganata Indra Riotmoko pewarta foto Harian Kompas. Kelas Media Daring diisi oleh M. Taufiqurohman Kepala Biro Eksekutif dan Pendidikan PT. Tempo Inti Media. Sedangkan Kelas Literasi diisi oleg Ali Nur Yasin dari Tempo Yogyakarta.

Setelah kegiatan kelas jurnalistik yang berlangsung dari pagi hari, dilanjutkan dengan pemutaran film “Jogja Istimewa” dengan pembicara Gregorius Arya Dhipayana selaku sutradara dari film ini. Pemutaran film ini dihadiri oleh Komunitas Ketjilbergerak, mahasiswa se-Yogyakarta dan sekitarnya, dan pemenang lomba Journalist Week. Penonton antusias sekali dengan film garapan Gregorius ini, terlihat dari meriahnya saat pemutaran film dimulai dan saat sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab suasana semakin seru ketika berbicara keterkaitan film dengan pemuda dan perubahan. “Pemuda harus merubah attitude diri sendiri dahulu, baru mengajak orang sekitar kita untuk melakukan perubahan,” tutup Gregorius dalam sesi tanya jawab. 

Setelah menyaksikan film Jogja Istimewa dan sedikit berdiskusi mengenai film dengan pemuda dan perubahan bersama Gregorius dan Komunitas Kecil Bergerak, dilanjutkan dengan pemberian hadiah. Hadiah berupa sertifikat serta uang tunai ini diberikan kepada para pemenang lomba Journalist Week 2016, yang telah diundang oleh panitia acara untuk hadir dalam pemutaran film. Lomba Blog dijuarai oleh Dina Maulina Widyawati, Lomba Citizen Journalism dijuarai oleh Briliani Nadiva Yana dan Aditya Prabowo, Lomba Foto Instagram dijuarai oleh Naufal Hakim dan untuk Lomba Opini dijuarai oleh Sukma Patriadjati. 

Setelah pemberian hadiah kepada para pemenang lomba, selanjutnya adalah foto bersama dengan pembicara, peserta atau penonton dan panitia JW 2016 LPPM Nuansa. (NMS)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar