Kelas Literasi bersama Ali Nur Yasin


Lembaga Penerbitan dan Pers Mahasiswa (LPPM) Nuansa membuka Kelas Literasi sebagai salah satu rangkaian acara Journalist Week (JW) 2016, bersama Ali Nur Yasin selaku Kepala Biro Tempo Jawa Tengah dan Yogyakarta di Gedung E Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Minggu (15/5).

Kelas yang dimulai pada pukul 9.30 WIB ini diisi sekitar 15 orang peserta yang berasal dari beberapa kampus di Yogyakarta. Di awal materi Ali menjelaskan beberapa teknik menulis yang terdiri dari teknik penulisan feature dan opini. Ia juga menyebutkan bahwa sebagai seorang penulis kita harus paham bagaimana berkomunikasi dengan publik. “Ketika sedang menulis, kalian sedang berkomunikasi dengan publik,” ucapnya. 

Ali juga menjelaskan sebagai penikmat media untuk berliterasi harus melakukan empat hal yaitu konfirmasi melakukan konfirmasi kepada pihak yang bersangkutan, berprasangka, bicara yang baik atau diam, berpikir jika berita yang dibagi membawa kebaikan atau menimbulkan kerusuhan. Bapak Ali juga menambahkan jika kita tidak setuju dengan suatu media maka kita sebagai penikmat media dapat melaporkan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), dan berhenti mengonsumsi media tersebut, dengan berhenti mengonsumsi maka secara otomatis akan menurunkan rating.

Kelas ini terbagi atas tiga sesi yaitu sesi materi, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan praktik, dan ditutup dengan sesi evaluasi. Peserta dibagi menjadi empat kelompok untuk mendiskusikan salah satu isu serta membuat sebuah opini mengenai isu tersebut. Terakhir, kelas ditutup dengan pemberian plakat dan foto bersama. 

Pelatihan ini juga mengundang antusias dari peserta, salah satunya Raditya. “Yang saya suka dari mengikuti pelatihan seperti ini salah satunya yaitu mendengarkan pengalaman dari narasumber, karena jarang-jarang kita mendapatkan pengalaman dan sudut pandang dari narasumber khususnya koran atau surat kabar,” ucapnya. (APR, TYAS)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar