Hiburan Alternatif: UMY gelar Standup Comedy Night yang Pertama


“Saya dari fakultas ekonomi, di ekonomi itu panas, hiruk pikuk, wajarlah ya kelas ekonomi,” begitulah guyonan hangat dari Fathidjun, komika (pelaku stand up comedy) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang langsung disambut tawa oleh penonton Standup Comedy Night (SUN) UMY pada Senin (2/5). Bertempat di Aula SMSR, sebanyak delapan komika yang terdiri dari empat komika UMY dan 4 komika nasional, siap menghibur 100 lebih penonton yang datang. Standup Comedy Night UMY yang pertama ini merupakan acara besar komunitas Standup Comedy UMY bekerja sama dengan komunitas Standup Comedy Jogja, dan rencananya akan diselenggarakan rutin setiap tahunnya. “Insya Allah tahun depan ada, tapi tajuknya SUN kedua UMY, kita usahakan pengen menggelar di kampus tapi kalau susah ya di luar lagi,” ujarnya. 

Selain untuk mempromosikan standup comedy sebagai alternatif hiburan di kampus unggul dan Islami ini, acara ini juga menjadi ajang unjuk diri para komika UMY. Rega Tulus, mahasiswa Fakultas Agama Islam UMY yang juga komika pembuka dalam SUN merasa senang dengan acara ini. “Ini sebagai eksistensi kitalah untuk komunitas UMY, diharapkan SUN kedua bisa lebih baik lagi dari malam ini. Kami juga mengundang BEM dan HMJ (Badan Eksekutif Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa Jurusan - red) biar mereka tahu kalau ada hiburan lain selain musik, dan standup comedy ini bisa diundang (mengisi hiburan - red) di acara-acara mereka,” ujar Rega. 

Antusiasme tidak hanya dimiliki oleh penonton yang merasa sangat terhibur dengan materi-materi standup seputar kehidupan mahasiswa, kampus, dan lainnya yang disampaikan para komika, namun para komika pun juga merasa antusias karena ini pertama kalinya komunitas dari UMY mengadakan Standup Night. “Seneng, karena masih jarang ada di UMY dan temen-temen antusias, maksudnya pada mau ketawa, pikirannya terbuka, nggak kaku-kaku amat,” ujar Mukti Entut, komika nasional di Metro TV dan Kompas TV saat ditemui di backstage seusai acara. Ia juga menambahkan semoga standup comedy di UMY terus maju dan menumbuhkan bibit-bibit komika yang baru. 

Hal serupa juga dikatakan Radit Vent, dosen UII sekaligus finalis Standup Comedy Indonesia (SUCI) season 6 Kompas TV. “Asyik banget, temen-temen dari UMY supportnya asyik banget. Ini kan yang pertama buat UMY, salut buat UMY yang sudah bisa ngadain SUN yang pertama. Karena sebenarnya kita udah nunggu lama, kapan nih UMY punya show dan akhirnya sudah terwujud sekarang. Aku pribadi ikut seneng bisa berpartisipasi di acara ini, istimewa pokoknya,” ujar komika yang terkenal selalu membawa boneka yang bernama Lola ketika open mic. (NZ, LR) 
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar