Debat Kandidat Capres dan Cawapres Mahasiswa UMY 2016


Selasa (17/5) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan Debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahasiswa UMY. Acara yang dilaksanakan di Lapangan Bintang UMY ini bertajuk "Clash of Visions" dengan dua topik yang di ujikan yaitu Mahasiswa dan Aktualisasi Diri dan Rekonstruksi Sistem Pemerintahan Mahasiswa. 

Dalam undangan, acara dimulai pada pukul 13.00 WIB, namun molor sampai pukul 14.40 WIB. Ada Tiga kandidat yang maju pada Pemira tahun ini, yaitu Abdi Liman dan Muhammad Chaerudin dari Partai Amanat Mahasiswa (PAM). Kandidat kedua dari Partai Jas Merah yaitu Abdul Rais Kaharuddin  dan Riza Faizah dan yang terakhir dari Partai Islam Progresif (PIP) yaitu Biantara Albab dan Sutan Kumala Pontas Nasution. 

Ketua KPU UMY Inas Sany dalam sambutannya mengatakan bahwa menjelang Pemilihan Umum Raya (Pemira) telah melewati beberapa tahap, oleh karena itu ia berharap agar capres dan cawapres dapat memberikan hal yang terbaik kepada seluruh mahasiswa UMY.

“Tiga hal telah dicapai mulai dari registrasi partai politik, registrasi capres dan cawapres, kemudian registrasi calon dewan perwakilan mahasiswa (DPM), maka capailah tiga tujuan itu untuk agamamu, bangsamu, dan keluarga mahasiswa UMY,” ujarnya. 

Kegiatan debat kandidat ini dibuka oleh Triyana Kepala Career Development Center (CDC) UMY. Ia berharap agar kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran yang baik kepada mahasiswa dan dapat memunculkan pemimpin yang terbaik pula untuk UMY. 

“Ini merupakan pembelajaran politik bagi mahasiswa, dan merupakan hal yang ditunggu-tunggu pada periode sekarang. Saya harap mahasiswa selalu memikirkan masa depan dan dapat memilih pasangan yang terbaik untuk kita semua,” jelas Triyana.

Acara yang dimoderatori oleh Rovi Aulia Rachman ini terbagi atas enam segmen yaitu Capres dan Cawapres menyampaikan visi dan misi, memberikan pendapat terkait topik pertama, memberikan pendapat untuk topik yang kedua, segmen ke empat yaitu sesi tanya jawab antar kandidat, segmen ke lima yaitu pertanyaan dari partisipan, dan yang terakhir sesi tanya jawab dengan panelis. (APR)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar