Aksi Solidaritas Persma Yogyakarta Menolak Pembungkaman LPM Poros


Persatuan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Yogyakarta beserta Aliansi Pers Mahasiswa pendukung Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Poros menggelar aksi solidaritas bertempat di Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Yogyakarta pada jumat (6/5) sore. Aksi tersebut diadakan untuk menolak pembungkaman kebebasan pers LPM Poros Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Aksi ini dilatarbelakangi pembekuan aktivitas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) LPM Poros UAD tanpa alasan yang jelas. Hari Rabu 27 April 2016 pihak birokrat kampus UAD yang diwakili oleh Abdul Fadlil selaku Wakil Rektor III UAD bidang kemahasiswaan menyatakan bahwa pihak kampus melakukan pembekuan terhadap LPM Poros karena menilai isu yang diangkat oleh Poros sudah keterlaluan dan kegiatan yang dilakukan oleh Poros sudah tidak lagi bermanfaat bagi kampus.



Aksi diawali dari halaman parkir Universitas Islam Indonesia (UII) Kampus Cik Ditiro dilanjutkan berjalan ke utara menuju PP Muhammadiyah yang menjadi pusat aksi. Hujan sempat mengguyur tetapi tidak menurunkan semangat mahasiswa yang menuntut agar pembekuan terhadap LPM Poros dicabut. Sampai di depan PP Muhammadiyah, perwakilan PPMI melakukan orasi yang bertujuan untuk bertemu salah satu pimpinan PP Muhammadiyah tetapi upaya tersebut mengalami kegagalan karena pimpinan PP Muhammadiyah sedang tidak di tempat. Di tengah-tengah aksi, pihak kepolisian kota Yogyakarta berusaha untuk menengahi massa aksi karena pihak PP Muhammadiyah tidak kunjung datang dan hanya diwakilkan oleh stafnya. 

Akhirnya aksi akan dilanjutkan di hari Senin bertempat di PP Muhammadiyah dengan tuntutan serupa, dengan konfirmasi terlebih dahulu apakah ada pimpinan di tempat atau tidak. Sebelum mengakhiri aksinya PPMI dan Aliansi Pers Mahasiswa berjalan ke arah utara menuju bundaran Universitas Gajah Mada (UGM) dengan pengawalan kepolisian. Massa melakukan orasi di bundaran UGM, sebelum akhirnya kembali ke UII seraya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Darah Juang. (Abr).
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: