Reboisasi Bumi Manusia: Melawan Monopoli Tanah




Memperingati Hari Ulang Tahun yang kedua, komunitas Rakyat Sastra dan Stand Up Comedy Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar pentas aksi dan seni di Taman Batu Fakultas Ekonomi UMY pada Senin (25/4).

Ketua komunitas Rakyat Sastra, Idra Faudu mengungkapkan, acara ini digelar sebagai aksi kritis mahasiswa yang resah akan banyaknya gerakan untuk melakukan reboisasi lingkungan, namun tidak dengan manusianya.

“Acara ini bertemakan reboisasi bumi manusia, karena kami melihat banyaknya gerakan yang hanya menyentuh lingkungan. Padahal lingkungan rusak adalah perspektif manusia yang menjadikan tanah sebagai objek eksploitasi. Hal ini harus menjadi pemicu perubahan perspektif kita bahwa perlunya reboisasi manusia agar lebih kritis dalam menanggapi permasalahan ini,” jelas Idra.

Mahasiswa jurusan Agribisnis ini juga memberikan contoh kasus tentang banyaknya eksploitasi dan monopoli tanah yang dilakukan oleh oknum elite pemerintah. “Di Kalimantan, rawan akan perusahaan multinasional yang mengeksploitasi perkebunan sawit. Di Sumatera, suku Anak Dalam dipaksa keluar oleh pemerintah untuk lahannya dijadikan sawit. Baru baru ini juga reklamasi di Jakarta.”

Pada acara ini juga digalakkan pengumpulan bibit pohon atau bunga dan buku perampasan tanah. Bibit pohon dan bunga rencananya ditanam di sekitar kampus UMY. “Kami juga mengumpulkan bibit dan pohon untuk ditanam di sekitaran kampus UMY maksimal 2 hari setelah acara ini. Alhamdulillah sudah terkumpul 250 bibit untuk di tanam,” terang Idra.

Acara ini berlangsung meriah dengan diadakannya pagelaran berupa drama, pembacaan puisi, pementasan musik, orasi budaya, dan live mural. Tidak lupa pementasan stand up comedy dan improve comedy yang dilakukan oleh komunitas Stand Up Comedy UMY. Idra pun berharap, setelah diadakannya acara ini mahasiswa harus lebih aktif dan kritis dalam menanggapi isu permasalahan yang ada di Indonesia. Ia juga berharap agar melakukan aksi dengan forum-forum akademis dalam kampus. (mdg)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar