Pelantikan Komisioner KPU dan Bawaslu KM UMY 2016: Selangkah Menuju Pemira 2016


Pada Kamis malam (9/4) sebanyak tujuh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan empat komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Keluarga Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) periode 2016/2017 resmi dilantik berdasarkan Surat Keputusan BEM KM UMY. Sebelas komisioner inilah yang nantinya akan mengadakan serta memfasilitasi mahasiswa selama rangkaian Pemilihan Umum Raya (Pemira) berlangsung. Bertempat di ruang Minitheater KG 3, komisioner KPU dan Bawaslu KM juga mendapatkan pembekalan seputar ranah kerja dan pelaksanaan pemilihan umum dari Bambang Eka Cahya Widodo, Ketua Bawaslu Republik Indonesia tahun 2008-2013. 

Inas Sany M, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, selaku Ketua KPU terpilih mengungkapkan misi mereka dapat menyukseskan Pemira 2016, yakni “Menjadikan Pemira 2016 memilih pemilih yang benar dan menghasilkan Presma (presiden mahasiswa) yang baik,” ujarnya. Hal serupa juga diungkapkan Yudi, Ketua Bawaslu terpilih. Ia juga berharap dukungan dan partisipasi dari setiap elemen mahasiswa untuk menyukseskan Pemira yang jujur. Mengingat jumlah mahasiswa UMY saat ini telah mencapai angka 20.000 mahasiswa, perolehan suara nantinya diharapkan meningkat dari Pemira dua tahun sebelumnya. 

Firman, Ketua KPU Periode 2014/2015 turut hadir dalam pelantikan komisioner KPU dan Bawaslu 2016. Senada dengan Ketua KPU dan Bawaslu yang baru, Firman juga mengutarakan harapannya agar Pemira tahun ini menghasilkan pemimpin bukan yang tunduk terhadap birokrasi namun berpihak kepada mahasiswa. Selain itu, diharapkan pemimpin yang terpilih nanti peduli dan sadar akan lingkungan kampus, serta dapat memberikan perbaikan internal kampus menjadi lebih baik. “Karena setiap mahasiswa UMY yang memilih harapannya adalah perbaikan internal kampus, sebelum berpikir ke luar. Karena amanah yang sesungguhnya ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,” tambahnya. 

Kesebelas komisioner telah melewati proses yang cukup panjang sebelum resmi dilantik sebagai komisioner KPU dan Bawaslu KM UMY 2016/2017. Bermula dari pendaftaran dan pengumpulan berkas-berkas administrasi, salah satunya karya tulis esai dengan tema “Optimalisasi Pemira” dan “Integritas Penyelenggaraan Pemilu” pada 28 Maret hingga 4 April. Hasil seleksi berkas administrasi diumumkan pada tanggal 4 April juga, dilanjutkan sesi wawancara tahap I dan II pada tanggal 5 dan 7 April. Kemudian pengumuman hasil akhir diumumkan pada 8 April. (LR & ZHF)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar