JOINT Perkenalkan 15 Bakal Calon Walikota Yogyakarta pada Pilkada 2017


Jogja Independent (JOINT) resmi memperkenalkan 15 bakal calon (balon) walikota Yogyakarta pada Minggu, (3/4) di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri, Universitas Gadjah Mada. 15 balon walikota ini terdiri dari berbagai elemen dari Yogyakarta, mulai dari seniman, wirausahawan, hingga akademisi. Perkenalan balon walikota Yogyakarta untuk pemilihan umum walikota (pilwakot) 2017 ini dihadiri oleh seluruh ketua RW se-kota Yogyakarta, dihadiri pula oleh mantan walikota Yogyakarta selama dua periode, Herry Zudianto.

“JOINT merupakan wadah yang menjadi puncak kegelisahan kami akan kota Yogyakarta yang istimewa ini. Kami di sini bukan mendeklarasikan bahwa kami deparpolisasi, tetapi kami ingin berkontribusi untuk merawat dan meruwat perpolitikan di Indonesia ini,” ujar Greg Wuryanto, salah satu fasilitator JOINT saat membuka acara. Ia melanjutkan, ada perbedaan antara JOINT dengan jalur-jalur independen lain seperti yang dilakukan oleh walikota Batang. “Kalau yang lain bersifat top-down, namun kami berasal dari bawah yang sama-sama ingin mewujudkan Yogyakarta yang mandiri dan menentukan sendiri bagaimana kriteria calon kepala daerah yang baik untuk masyarakat Yogyakarta,” tambah Greg.

Dari 15 calon itu, terdapat nama Emmy Yuniarti Rusadi yang merupakan balon walikota termuda, yakni berumur 25 tahun. Dalam visinya ia lebih mengedepankan pada gelora jiwa mudanya. “Saya mewakili teman-teman pemuda di Yogyakarta ingin membuktikan bahwa kami kaum pemuda juga bisa bersuara dan tidak lagi dianggap ecek-ecek,” ujar Emmy ketika ditemui seusai acara.

Selain Emmy, terdapat nama Garin Nugroho yang merupakan sutradara film terkenal Indonesia. Dalam rilis yang beredar, Garin mencanangkan program 3K, yakni Kampus, Kampung, dan Komunitas. Bagaimana caranya 3K tersebut bersinergi untuk menciptakan clean government. Ketika ia ditanya mengenai kemungkinan ia akan ditawari oleh partai politik untuk bergabung, ia menjawab kemungkinan itu pasti ada, namun ia melihat bahwa independen dan demokratisasi keduanya harus dihormati. “Saya banyak mendapat tawaran-tawaran dari parpol besar, namun tawaran itu akan saya tolak selama proses dari JOINT ini secara kualitas dan demokratisasi berjalan dengan baik,” jawab Garin.

Menurut Edi Muryanto, fasilitator JOINT, ke-15 balon walikota ini akan terjun ke masyarakat dari tanggal 3-10 April 2016 sebelum konvensi digelar. “Kami berharap dalam uji publik ini, masyarakat bisa bekerja sama dengan kami untuk memantau dan menilai mana yang pantas menjadi wakil mereka dalam pilwakot Yogyakarta 2017 nanti,” ujar Edi.

Berikut ini daftar nama 15 balon walikota Yogyakarta :
1. Adrie Primera Nuary
2. Akhyari Hananta
3. Arbak Yhoga Widodo
4. Dani Eko Wiyono
5. Emmy Yuniarti Rusadi
6. Esha Satya Syamjaya
7. Fitri Paulina Andriani
8. Garin Nugroho Riyanto
9. Martha Haenry Agt
10. Hambar Riyadi
11. Lusy Laksita
12. Rommy Heryanto
13. Siti Ruhaini Dzuhayatin
14. Titok Hariyanto
15. Transtoto Handadhari

(SAW/UMA)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar