UMY Anugerahkan Doktor Kehormatan kepada Tun Dr. HC. Mahathir Mohammad


Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menganugerahkan Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) bidang Studi Perdamaian dan Islam kepada Tun Dr. HC. Mahathir Mohammad. Acara ini dilaksanakan di gedung Sportorium kampus terpadu UMY pada Kamis (17/3). 

Dalam sambutan Ketua Senat, Prof. dr. H. Mochamat Anwar, M.Med, Sc, SpOG, gelar Doktor Kehormatan UMY diberikan kepada seseorang baik warga wegara Indonesia maupun warga negara asing yang memiliki jasa dan karya yang luar biasa bagi pengembangan pendidikan dan pengajaran serta membawa kemanfaatan kemajuan dalam berbagai bidang untuk seluruh umat manusia. 

Atas peran aktif dan kontribusi besar dalam melakukan perdamaian dunia terutama di negara-negara Islam dan masyarakat muslim yang sedang berkonflik, Tim Penilai Senat UMY memutuskan untuk menganugerahkan Doktor Kehormatan kepada Tun Dr. HC. Mahathir Mohammad.

Tun Mahathir mengucapkan sangat berterima kasih atas kehormatan ini. Ini merupakan gelar doktor kehormatan yang pertama kali dalam bidang perdamaian dan Islam dari 45 gelar doktor sebelumnya. Dalam pidato pengukuhannya, ia menyayangkan tentang konflik yang terjadi di negara Islam, seperti di Syria dan Yaman. Di mana di negara tersebut orang-orang dibunuh setiap harinya, merasa tidak aman di negerinya sendiri dan harus pergi mencari keamanan ke negara lain di Eropa yang mana negara tersebut justru didominasi oleh non muslim. Ini menunjukkan negara-negara Islam tidak sedamai negara-negara non-Islam. Padahal Islam itu damai, Islam selalu mengajarkan untuk saling mengasihi satu sama lain.

Ke depannya Rektor UMY, Prof. Dr. Bambang Cipto, M.A, berpesan agar Tun Mahathir selalu senantiasa bersemangat sebagaimana selama ini sehingga upaya yang telah dilakukan dapat berjalan sampai kapan pun, “Harapan kami, dengan penganugerahan Doctor Honoris Causa dalam bidang Studi Perdamaian dan Islam, Tun semakin bersemangat mengajak lembaga-lembaga pendidikan tinggi, lembaga riset dan pemerintah di negeri-negeri Muslim untuk bersungguh sungguh memberikan kontribusinya bagi perdamaian dunia.” (FHM/GMR)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar