Tunjukkan Identitas Visual, Tata Cara Penggunaan Logo UMY Diatur

Sumber gambar: umy.ac.id

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) saat ini mempunyai peraturan baru tentang tata cara penggunaan logo UMY. Peraturan baru ini bermula beberapa tahun lalu saat para dosen dari beberapa jurusan dan fakultas seperti jurusan Ilmu Hubungan Internasional, jurusan Ilmu Komunikasi dan Fakultas Pertanian melakukan kunjungan ke salah satu universitas di Thailand. Singkat kata, para dosen UMY saling bertukar kartu nama dengan dosen-dosen dari Thailand tersebut. Sejenak terlihat kartu nama para dosen Thailand tidak ada perbedaan logo. Ketika dosen dosen UMY memberikan kartu namanya para dosen dari Thailand menanyakan apakah mereka dari kampus yang berbeda atau tidak. Karena logo universitas yang tertempel di kartu nama dosen UMY jurusan Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Pertanian saat itu berbeda-beda. 

Dari peristiwa di atas, kemudian dirapatkan bahwa UMY memerlukan sebuah identitas visual. UMY memang telah mempunyai identitas visual yakni logo UMY yang berwarna hijau. Akan tetapi, perlu dilihat seberapa unik logo tersebut sehingga dapat menonjolkan identitas UMY yang sesungguhnya. Seperti yang telah dijelaskan Erwan Sudiwijaya, selaku salah satu staf Badan Humas dan Protokol UMY, di Indonesia sendiri Muhammadiyah yang di jenjang universitas hampir semuanya mempunyai logo yang sama, perbedaannya hanya terletak pada warna. Di Yogyakarta sendiri, logo UMY dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Aisyah tidak ada perbedaan, bentuk dan warna sama. Hanya yang membedakan adalah nama UMY dan STIKES Aisyah tersebut atau lebih jelasnya hanya berbeda pada tulisan nama kampusnya saja. "Dari sinilah UMY perlu membentuk akronim Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang lebih bisa dikenal oleh masyarakat,” ungkap Erwan. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa UMY saat ini sudah banyak dikenal oleh berbagai kalangan, oleh karenanya di dalam menginternasionalisasikan nama UMY sendiri dilakukan beberapa perundingan sehingga dipilihlah nama UMY karena di mana pun dan kapan pun kita berada tetap menggunakan UMY sehingga pada logo yang baru saat ini terdapat tulisan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada logo kampus. 

Untuk tata cara penggunaan logo sendiri, pihak BHP UMY telah membuat grafik standar manual yang berbentuk buku untuk aplikasi logo. Diharapkan dengan adanya buku tersebut, semua kalangan bisa mengetahui tata cara penggunaan logo UMY. Tujuan adanya grafik standar manual sendiri adalah untuk menerapkan logo dengan benar ke semua jenis media yang tujuannya sebagai visual identity UMY di mana pun kapan pun semua orang melihat UMY dengan bentuk yang sama. Oleh karenanya diharapkan dapat digunakan secara konsisten dan berkelanjutan. Grafik standar manual menjelaskan tata aturan penggunaan logo UMY seperti logo hitam putih harus ukurannya seperti apa, logo satu warna seperti apa dan lainnya. “Komposisi logo besarnya harus dua poin, jarak setengah, perbandingan skala harus tepat, vertikal, horizontal seperti apa, sudah ada standardisasi saat ini,” terang Erwan. 

Tata aturan penggunaan logo yang baru telah diterapkan sejak awal tahun 2015, baik itu penggunaan logo pada spanduk, banner dan lainnya. Saat ini, menurut keterangan BHP, tata cara atau peraturan penggunaan logo sedang dalam proses revisi tahap akhir. Untuk ke depannya, fakultas dan jurusan tidak boleh menggunakan logo tersendiri. Sebab, telah dibuat logo baru untuk fakultas maupun jurusan. Hal ini dibuat untuk mengenalkan kepada semua kalangan bahwa UMY merupakan salah satu universitas besar di Indonesia. 

Untuk menyosialisasikan tata aturan penggunaan logo sendiri, dari pihak BHP akan menggunakan media daring dan offline serta memanfaatkan beberapa pertemuan rutin antar dosen maupun pegawai UMY untuk mensosialisasikan peraturan baru ini. (BDF)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Ada softfile logo resminya gak? termasuk font yg dipakai "UMY"?

    BalasHapus