Elektro Fair 2016: Gaet Muhammad Awaluddin, Memadukan Antara Seni dan Teknologi



Kamis(3/3) Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sukses menyelenggarakan Seminar Nasional pada Kamis (3/3), sebagai pembuka dari serangkaian acara Electro Fair 2016. Seminar yang bertempat di Gedung AR Fachrudin B lt. 5 ini mengusung tema “Young Future with Technology and Morality” dengan mendatangkan pembicara dari PT. Angkasa Pura I dan PT. Telekomunikasi (Telkom). Haydan Allam Mafazi selaku Ketua KMTE, ditemui di lantai dasar gedung AR Fachruddin B, mengatakan tujuan acara ini adalah untuk sebagai publikasi jurusan Teknik Elektro kepada murid-murid SMK dan SMA. “Sehingga, tiap tahun bisa meningkat mahasiswanya, juga moralitasnya. Karena itu kita mengangkat tema morality dalam seminar ini,” lanjutnya. 

Rangkaian Electro Fair 2016 merupakan program tahunan jurusan Teknik Elektro. Acara ini bertujuan untuk media promosi jurusan TE serta menambah wawasan mahasiswa umum tentang dunia elektro. “Tema tahun ini adalah 'Art and Education Technology to Reach to World', lewat tema ini kita menggabungkan seni dengan ilmu keteknikan kita,” ujar Ahmad Imam selaku Koordinator Divisi Kesekretariatan. Ia juga menambahkan bahwa dalam dunia elektro, seni juga sangat berpengaruh di antaranya seperti seni strategi serta karya mereka dalam lomba juga termasuk seni. Electro Fair 2016 juga menyelenggarakan lomba Robot Line Follower bagi para murid SMK dan SMA. Pendaftaran lomba yang dibuka mulai pada tanggal 7 Januari 2016 telah mengumpulkan peserta sebanyak 15 tim dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Perlombaan akan dilaksanakan pada Sabtu, 5 Maret 2016 bertempat di Lantai Dasar Masjid K.H Ahmad Dahlan, sekaligus menjadi acara penutupan Electro Fair 2016. 

Hal yang membanggakan dari Electro Fair tahun ini adalah keberhasilan panitia mendatangkan Muhammad Awaluddin, Direktur Bisnis PT. Telekomunikasi sebagai salah satu pembicara dalam seminar tersebut. “Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, bisa dibilang acara tahun ini besar. Alhamdulillah kita berhasil mendatangkan direktur bisnis Telkomsel. Dan seminar kedua juga mendatangkan PT. Angkasa Pura, sehingga bisa memotivasi teman-teman yang mau bekerja di sana,” tambah Ahmad. Hal serupa juga diungkapkan Khilmi Hermawan, mahasiswa TE 2014, “Seru dapat ilmu yang bermanfaat. Pemateri juga sangat berpengalaman, bagus banget lah.” 

Terakhir, Haydan mengungkapkan harapannya agar semakin tahun acara tahunan Electro Fair semakin melebarkan sayapnya dalam menggaet peserta. Tahun lalu peserta seminar terbatas di mahasiswa UMY saja, namun pada tahun ini peserta luar UMY juga memadati ruangan seminar. “Semoga tahun depan lebih banyak lagi peserta dari luar UMY maupun luar Jogja.” Panitia Electro Fair 2016 juga berharap acara ini dapat terus eksis dari tahun ke tahun dan mendapat apresiasi yang lebih baik dari masyarakat. (LR) 
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar