IR Jokes, Oase di Tengah Kegersangan Anak HI


Hubungan Internasional (HI) merupakan salah satu jurusan terpopuler di Indonesia sampai saat ini. HI merupakan jurusan yang mencakup hampir semua bahasan dari jurusan ilmu sosial lainnya, mulai dari politik, sejarah, sosiologi, ekonomi, hukum, hingga komunikasi pun dibahas di jurusan HI. Biasanya,  anak HI dianggap keren oleh teman-teman selingkupnya karena anak HI (katanya) adalah anak yang paling update daripada anak jurusan lain. Stereotip semacam itu kerap kali membebani mahasiswa HI sendiri, karena apa yang dibayangkan oleh orang lain tentang mahasiswa HI belum tentu semuanya benar.

Sebenarnya, mahasiswa HI itu adalah mahasiswa paling ribet sedunia. Bagaimana tidak? Ia harus mampu mengetahui dan menganalisis seluk beluk permasalahan di dunia internasional sampai ke akar-akarnya. Belum lagi nanti jika ada beberapa dosen yang sangat kontekstual dan old-thinking. Ditambah dengan tugas paper, jurnal, dan makalah yang hampir setiap mata kuliah dan setiap minggu itu membebani mahasiswa jurusan HI. Itu wajar? Iya, memang wajar. Tapi, tidak semua yang sekarang menyandang gelar kehormatan sebagai mahasiswa HI menganggap itu wajar, kan? Hayo, ngaku yang dulunya ngambil jurusan HI karena tidak tembus jurusan kedokteran?

Dari beberapa kegelisahan itulah, salah satu mahasiswa jurusan HI di Universitas Presiden, Batman (nama samaran) membuat sebuah akun LINE@ yang bernama IR Jokes. Menurut Batman, latar belakang kenapa ia membuat akun ini karena jenuhnya ia dengan dunia perkuliahan yang dipenuhi dengan paper, jurnal, dan tugas-tugas lainnya.

“Saya iseng saja membuat akun ini karena sebagai mahasiswa angkatan ketiga saya jenuh dengan tugas-tugas yang ada. Kemudian saya berpikir kenapa tidak membuat sebuah akun yang mana mahasiswa HI bisa enjoy dan tertawa dengan lelucon yang berhubungan dengan jurusan kita,” kata Batman.

Akun yang dibuat tanggal 17 November 2015 ini awalnya hanya Batman saja yang tahu, bahkan teman satu kampusnya saja tidak tahu bahwa IR Jokes adalah akun buatan mahasiswa HI di Universitas Presiden. Kemudian, karena Batman sering membagikan kiriman-kiriman yang ada di IR Jokes, maka mulai menyebarlah akun itu ke seluruh kampus.

“Hingga saat ini akun IR Jokes sudah memiliki adders 
(pengikut – red) sebanyak 8.900 dan jumlahnya meningkat terus setiap hari,” kata Batman. Ia menambahkan, adders IR Jokes berasal dari berbagai universitas seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Presiden sendiri. Bahkan, ada adders yang berasal dari Singapura dan Malaysia. Batman berpesan kepada seluruh mahasiswa HI di Indonesia untuk terus mengejar cita-cita dan sukses terus. “Jalan kita semua masih panjang, stres sama kuliah itu sudah biasa, anggap saja training untuk dunia kerja selanjutnya,” tutup Batman. (SAW)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: