Welcoming Speech Komunitas Generasi Bakti Negeri Batch II


Komunitas Generasi Bakti Negeri (GBN) mengadakan gathering dengan seluruh anggota baru (batch II) di Ruang Sidang Fakultas Hukum UMY pada Jumat (4/12). Acara ini juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi antara anggota GBN batch I dengan batch II. Rangkaian acara ini dibuka oleh Deni Febrian selaku Ketua Komunitas GBN. Beliau memberikan welcoming speech kepada seluruh anggota baru GBN hasil seleksi yang diadakan selama dua tahap ini. Deni juga memaparkan mengenai visi dan misi GBN yang sangat berfokus kepada pengabdian masyarakat, khususnya di daerah-daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). “Tugas kita bukan hanya untuk memberdayakan ataupun mendampingi masyarakat, namun kita juga harus menggerakkan masyarakat,” tukas Deni di hadapan anggota GBN batch II. 

Komunitas Generasi Bakti Negeri (GBN) adalah sebuah komunitas yang dibentuk oleh beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang bergerak di bidang pengabdian masyarakat untuk membangun kualitas sumber daya manusia Indonesia sebagai bentuk bakti kepada negeri. Sebagai pilot project, batch pertama dari komunitas ini telah berhasil melakukan pengabdian di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, tepatnya di pulau Sebatik Kalimantan Utara, selama 50 hari. Kegiatan pengabdian ini mendapat apresiasi dari berbagai lapisan masyarakat dan terutama dari pihak kampus UMY sendiri karena berhasil memberikan program-program yang tepat sesuai dengan kondisi masyarakat di perbatasan di Pulau Sebatik Kalimantan Utara, Indonesia-Malaysia.

Acara yang berlangsung dari pukul 13.30 WIB hingga 16.00 WIB berjalan hangat dan santai. Wakil Ketua GBN, Muammar Irfan, memberikan kesempatan kepada seluruh anggota baru GBN untuk memperkenalkan diri mereka satu per satu. Selanjutnya diikuti oleh perkenalan anggota GBN batch I serta divisi mereka di GBN. Mahasiswa yang tergabung dalam komunitas GBN batch II berasal dari berbagai fakultas di UMY. Adapun latar belakang mereka juga tersebar dari seluruh Indonesia, ada yang dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, bahkan Papua. Setelah itu acara dilanjutkan dengan plotting/penempatan anggota baru ke dalam berbagai divisi yang ada di GBN yaitu: project manager, hubungan masyarakat, human resource development, riset, publikasi dan dokumentasi, multimedia, serta fundraising sesuai dengan kapabilitas mereka. Acara gathering komunitas GBN diakhiri dengan futsal bersama. 

Sebanyak 44 mahasiswa UMY yang berasal dari angkatan 2013 hingga 2015 dan berbagai jurusan ini telah berhasil menjadi anggota GBN batch II setelah melewati tiga proses seleksi yaitu seleksi administrasi, seleksi penulisan esai, serta seleksi wawancara. Ke depannya, para anggota baru ini akan diberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kapasitas serta kapabilitas mereka agar mampu mengabdikan diri dengan maksimal dan efektif di masyarakat daerah-daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal), dengan harapan bisa mengabdi kepada negara tanpa henti. (AWN)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar