LPPM Nuansa UMY Adakan Pelatihan Kepenulisan dan Jurnalistik


Lembaga Penerbitan dan Pers Mahasiswa (LPPM) Nuansa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil melaksanakan Pelatihan Rutin (Perut) dengan tema kepenulisan dan jurnalistik pada Minggu (6/12) di Ruang Sidang Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UMY. Agenda yang diikuti oleh anggota magang dan pengurus LPPM Nuansa UMY ini mengundang salah seorang wartawan dari Kedaulatan Rakyat sebagai pemateri. Materi yang disampaikan berupa dasar-dasar jurnalistik serta teknik penulisan opini dan teknik penulisan berita.

Acara yang merupakan salah satu program kerja dari Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPPM Nuansa UMY ini bertujuan untuk menambah materi atau pengetahuan tentang kepenulisan dan jurnalistik yang diutamakan bagi anggota magang LPPM Nuansa UMY untuk bekal dalam proses ke depan sebagai anggota pers mahasiswa.

Dalam materi yang disampaikan, pemateri menyampaikan beberapa tips dalam membuat opini. Pertama, dalam membuat opini yang harus diutamakan adalah asumsi dasar atau anggapan dasar penulis. Kedua, harus dilengkapi argumentasi yang kuat. Ketiga, harus ada referensi yang diambil dari sumber resmi. Keempat, harus ada ide gagasan dari penulis dan yang terakhir dan yang paling penting adalah harus adanya solusi dari si penulis.

Dari materi-materi yang disampaikan oleh pemateri tersebut, banyak pengetahuan yang bisa didapat baik bagi anggota magang maupun pengurus LPPM Nuansa UMY. Seperti yang disampaikan Cahya Dini, salah seorang peserta Perut, “Pelatihan rutin hari ini baik, bisa menambah wawasan kita tentang tata cara penulisan dalam berita yang baik dan benar,” ujarnya.

Mengenai harapan terhadap kegiatan ini, Sulis selaku Pimpinan Umum LPPM Nuansa UMY menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan ini diharapkan agar anggota magang nantinya tidak ragu dan bingung untuk menulis, juga adanya pengetahuan baru dapat membuat mereka semakin yakin dengan tulisan-tulisannya. 

“Ke depannya juga diharapkan pelatihan ini bisa menjadi pelatihan terbuka untuk umum, jadi kemampuan jurnalis tidak hanya bisa dinikmati oleh anggota LPPM Nuansa saja,” tambahnya. (kaf & asn)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar