LPPM Nuansa Sukses Adakan Pelatihan Public Speaking dan Teknik Wawancara


Lembaga Penerbitan dan Pers Mahasiswa (LPPM) Nuansa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar pelatihan rutin (Perut) untuk kedua kalinya. Pelatihan yang diadakan pada minggu (22/12) di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi Kampus Terpadu UMY ini berjalan dengan sukses, terlihat dari antusias para peserta yang hadir. Peserta dari kegiatan ini meliputi pengurus dan anggota magang LPPM Nuansa 2015/2016, Pers HMJ dan BEM se-UMY, serta mahasiswa umum.

Tema yang diangkat dalam kegiatan pelatihan rutin ini adalah public speaking dan teknik wawancara. Alasan diangkatnya tema tersebut adalah karena sebagai pers, selain keterampilan menulis juga diperlukan keterampilan berbicara dan public speaking serta teknik wawancara.

Pelatihan public speaking dan teknik wawancara ini diisi oleh pemateri Rosa Kusuma Azhar, seorang MC (master of ceremony), presenter, dan penyiar radio. Dalam materi yang disampaikan oleh pemateri yang akrab disapa Teh Oca ini mengatakan bahwa “Kemampuan berbicara di depan umum sangat penting. Orang bisa dilihat knowledge atau pengetahuannya ketika ia berbicara.” Ia juga menyampaikan kesannya dalam mengisi materi ini senang karena melihat antusias peserta yang begitu besar untuk belajar public speaking. Teh Oca juga menyampaikan pesannya kepada para jurnalis dan mahasiswa untuk mengembangkan wawasan yakni wawasan persahabatan serta banyak membaca, terutama untuk para jurnalis. Tidak hanya sebagai upaya belajar, itu bisa membangun profesionalisme sebagai seorang jurnalis. 

Salah seorang peserta yakni Reksa Aditya, mahasiswa jurusan Ekonomi Perbankan Islam (EPI) 2014 menyampaikan kesannya dalam mengikuti pelatihan yang diadakan oleh LPPM Nuansa bahwa “Acara ini cukup bagus karena bisa melatih kita yang bukan dari jurusan komunikasi untuk belajar tentang public speaking dan teknik wawancara mampu membantu dalam tugas kalau ada wawancara dan penulisan-penulisan di fakultas.” Reksa juga menambahkan harapannya agar acara ini bisa berlanjut dan bisa diteruskan agar bisa bermanfaat. “Saran untuk acara ini ya lebih bagus lagi, kalau bisa ke depannya bisa menghadirkan 2 atau 3 orang pembicara.” (ASN)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar