Ingatkan Mahasiswa Tidak Merokok di Kawasan Kampus


Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan BEM Fakultas Pertanian (FP) UMY menggelar aksi anti rokok untuk mengingatkan larangan merokok di kawasan kampus UMY pada Selasa pagi (1/12). Aksi anti rokok berupa berjalan ke lobi-lobi fakultas dengan membawa spanduk lembaran putih untuk dibubuhi tanda tangan oleh penonton dan peserta aksi serta plang berisikan pernyataan anti rokok, penggalangan dana untuk penderita HIV/AIDS, penukaran rokok dengan coklat serta penyebaran pamflet pengumuman rangkaian acara "Kawasan Tanpa Rokok." Kegiatan aksi yang berlangsung juga bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia. 

Lingkungan kampus UMY berdasarkan Surat Keterangan Rektor Nomor 154 dan 165 tahun 2011 menjelaskan bahwa UMY merupakan kawasan tanpa rokok. “Jadi teman-teman di sini mendemonstrasikan bahwa UMY kawasan tanpa rokok,” jelas Wahyu Putro Koordinator Lapangan Aksi.

Wahyu menambahkan, “Aksi ini tidak bermaksud untuk menghentikan perilaku merokok akan tetapi melarang mahasiswa yang merokok di dalam kampus. Maka dari itu mahasiswa yang membawa rokok ditukar dulu dengan coklat, nanti kalau di luar kampus silakan membeli rokok lagi dan merokok di luar kampus.”

“Teman-teman tidak usah takut untuk menegur temannya yang merokok di kampus UMY,” ujar wahyu dalam orasinya. Kampus UMY adalah kawasan tanpa rokok dan sudah diamanatkan melalui SK rektor. Jadi Mahasiswa harus aktif mencegah adanya rokok di kampus UMY, jelas Wahyu. 

Di dalam orasinya, para peserta aksi mengutarakan bahwa anti rokok bukan cuma anti rokok, tetapi juga anti terhadap semua hal yang berafiliasi terhadap rokok. Itu berarti, penggambaran rokok, sponsor dari perusahaan rokok, iklan rokok, dan lain sebagainya yang berafiliasi dengan rokok secara positif seharusnya tidak ada dari kampus UMY. Peserta aksi kembali menegaskan bahwa kampus UMY adalah kawasan tanpa rokok. (GWR & AQL)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar