Mimpi Buruk Para Hewan


Oleh: Adel Aditya

Mengusung tema “Animal Nightmare”, Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Komakom UMY) menyelenggarakan acara puncak Communication Award 2015 (CA 2015) di Ampiteater Taman Budaya Yogyakarta pada Minggu malam(15/11). Acara CA 2015 kali ini juga memperingati satu dekade diadakannya Communication Award oleh Komakom UMY. 

CA 2015 sebelumnya telah diawali dengan soft opening yang bertajuk "Metamormovies" yaitu kegiatan seminar nasional yang menghadirkan sutradara film Hanung Bramantyo dan Aryanto Yuniawan, kemudian diadakan perlombaan tingkat nasional dari lima kategori yang diuji oleh 15 juri ahli. Lima kategori perlombaan yang dilombakan antara lain adalah CSR (Corporate Social Responsibilities) yaitu pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan sekitar, Feature Writing yaitu penulisan tentang tema CA 2015, FFG (Festival Film Gadget) yaitu pembuatan film menggunakan gawai, Print Ad yaitu pembuatan iklan tentang tema CA 2015, dan IR (Integrated Campaign) yaitu pengampanyean konsep iklan tentang pelestarian lingkungan hewan. 

Terkait pemilihan tema CA 2015, Komakom UMY ingin membuka kesadaran kita akan hewan-hewan langka di Indonesia dengan menunjukkan bagaimana eksploitasi hewan yang semakin berkembang tiap tahunnya, “Tema ini kita godhog bersama-sama, dari satu kepala ke yang lain tentang argumen kehidupan hewan yang semakin punah, dan moment yang terjadi sekarang sedang booming dampak kerusakan lingkungan yang merupakan penyebab hewan punah, dan itu membuat kami untuk memilih tema ini untuk Communication Award tahun ini,” jelas Yuli Indriyanti, selaku Ketua Panitia CA 2015. Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Bambang Wahyu Nugroho juga menambahkan terkait tema CA 2015 dalam sambutan beliau, “Kita manusia seharusnya sadar, bahwa manusia bukanlah puncak piramida kehidupan, melainkan hanya salah satu rantai ekosistem.”

Adapun juara-juara pada lomba yang diselenggarakan antara lain, dari kategori Print Ad adalah Slamet Wibowo dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta melalui karyanya Kereto Jowo, dari kategori Feature Writing adalah Paulus Darma Wicaksono dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dari kategori IR adalah Hope Sweet Hope dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, dari kategori CSR adalah Bayam Melihat dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan dari kategori FFG adalah karya King Wiguna dari Universitas Jenderal Soedirman. Selain penyerahan penghargaan kepada para juara lomba, CA 2015 juga menampilkan beberapa pertunjukkan terkait tema "Animal Nightmare", yaitu Puisi Antagonis tentang keserakahan manusia yang menyebabkan kerusakan tempat tinggal hewan, drama kabaret yang menceritakan balas dendam hewan kepada manusia, penampilan dance dari HOXUPS Dancer, dan juga penampilan musik elektro dari Three Angles Band.

Hadirnya CA 2015 ini diharapkan bisa memberikan output baik kepada mahasiswa dan juga masyarakat luas. “Kami harapkan melalui CA 2015 supaya anak komunikasi bisa lebih kreatif dalam konsep dan ide kreatif karena hal itu sangat diperlukan dalam dunia komunikasi, serta untuk mengangkat nama UMY untuk membuktikan bahwa perguruan tinggi swasta juga bisa membuat acara seperti ini, dan juga memperkenalkan ke masyarakat luas mengenai Communication Award,” jelas Yuli Indriyanti. Meskipun CA 2015 berjalan sukses, akan tetapi adanya kekurangan dalam kegiatan ini juga tidak bisa dipungkiri dan hal itu juga diakui oleh Ketua Panitia, “Kekurangan adalah kami belum bisa merealisasikan dalam pelestarian hewan karena butuh berbagai pihak pendukung, di sini kita hanya memberikan konsep sebagai tolak ukur, sementara untuk action masih jadi kelemahan kami.”
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar