Jurusan Ilmu Pemerintahan Adakan Social Day Sebagai Wujud Tri Darma Perguruan Tinggi


Pada Minggu (23/11) Korps Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (Komap) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuka Gebyar Government 2015 dengan rangkaian acaranya yang pertama yaitu Social Day. Setelah dua tahun sebelumnya selalu diadakan di Dusun Ngebel, Social Day kali ini diadakan di Dusun Jipang, Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Social Day melibatkan seluruh mahasiswa tahun pertama jurusan Ilmu Pemerintahan (IP) dan bekerja sama dengan dosen pengampu mata kuliah Manajemen Pelayanan Publik.

Tujuan utama Social Day ialah sebagai wadah untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan di dalam kelas ke masyarakat luas secara nyata. Selain itu untuk menerapkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.

Di acara ini sebanyak 300 peserta dari delapan kelas dari jurusan IP angkatan 2015 yang disebar ke sepuluh Rukun Tangga (RT), dengan dua RT ditangani langsung oleh KOMAP. Social Day ini dimulai dengan kerja bakti di masing-masing RT lalu dilanjutkan dengan sosialisasi yang telah disiapkan oleh masing-masing kelas untuk RT yang telah menjadi tanggung jawabnya.

Sebagai penanggungjawab kelas A, Brendik A.D.S mengungkapkan bahwa acara Social Day ini sangat bermanfaat sebagai praktik dari apa yang mereka pelajari selama di kelas. “Berbeda dengan fakultas-fakultas lain kalau kami labnya ya di lapangan seperti ini, jadi kegiatan ini sangat bagus sebagai praktik lapangan kami,” jelas Brendik.

Selain sosialisasi, ada juga kelas yang lebih memilih untuk memberikan pelatihan kerajinan tangan mengingat mayoritas masyarakat di situ adalah pembuat kerajinan tangan. Di setiap RT juga terdapat pasar murah dan permainan untuk anak-anak.

Muhammad Iqbal, selaku Ketua Panitia Social Day mengatakan, “Untuk kendala, jarak yang cukup jauh mempersulit panitia harus bolak-balik untuk berkoordinasi dengan pihak warga setempat. Karena tidak semua koordinasi dapat dijalankan hanya dengan menggunakan HP (telepon seluler - red).”

Selebihnya, Iqbal menambahkan tidak ada kendala yang berarti karena warga sendiri memberikan apresiasi yang cukup besar. Antusiasme dan bantuan yang didapat dari warga menambah semangat bagi mereka untuk memberikan yang terbaik di acara ini. Di akhir wawancara Iqbal juga berharap banyak dengan adanya Social Day ini, mahasiswa IP dapat lebih menjalin silaturahmi dengan masyarakat dan dapat menumbuhkan kecerdasan emosional bagi peserta karena acara ini membutuhkan kerja sama yang baik antar mahasiswa. (AHP & GTA)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar