MUMYPEKA Suarakan Penyadaran Mahasiswa terhadap Kantin



Aksi penolakan penutupan kantin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali dilaksanakan. Kali ini aksi berasal dari aliansi Mahasiswa UMY Peduli Kantin (MUMYPEKA) pada Kamis, (19/11) di Kantin Utara UMY dengan tajuk Aksi Seni dan Budaya. Dalam aksinya, MUMYPEKA selain menuntut relokasi kantin, juga berupaya untuk menyadarkan masyarakat UMY terhadap pentingnya kantin UMY. 

“Kami menuntut relokasi kantin seperti yang sekarang, bukan kantin yang mewah seperti UMY Boga,” jelas Hasan Saipul Rizal, yang merupakan salah satu tim aksi dari MUMYPEKA. 

Sebelumnya, aksi telah dilaksanakan di Kantin Selatan pada Sabtu (14/11) dengan tuntutan yang sama. MUMYPEKA pertama kali melakukan aksi sebelum bulan Ramadhan, dan kampus saat itu menjanjikan kantin tidak akan digusur. “Tetapi setelah kami kembali ke Jogja ternyata pendopo yang merupakan bagian dari kantin telah digusur oleh pihak kampus,” sesalnya. 

Untuk kelanjutan aksi terkait penyadaran masyarakat UMY terhadap kantin, MUMYPEKA telah merangkul Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari beberapa fakultas dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) untuk melakukan aksi lanjutan terhadap penolakan penutupan kantin UMY. 

Meskipun pada akhirnya kantin akan ditutup oleh pihak kampus, aliansi MUMYPEKA telah menyampaikan hak dan tuntutan mereka terhadap kampus terkait penutupan kantin. “Hal yang terpenting adalah kami telah menyadarkan masyarakat UMY, membuka telinga dan mata masyarakat UMY bahwa ada isu-isu yang harus diselesaikan segera,” tutup Hasan.

Salah satu pendapat mahasiswa terkait dengan aksi MUMYPEKA ini adalah tempat untuk melaksanakan aksi ini salah. “Seharusnya langsung diadakan di depan gedung rektorat saja supaya langsung tepat sasaran pada pejabat-pejabat UMY yang berwenang atas masalah penggusuran kantin UMY ini,” kata Rizal, salah satu mahasiswa Teknik Mesin 2013 yang melihat aksi MUMYPEKA. (ASTA/SAW)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar