Tim Mobil Prototype Listrik UMY Meraih Posisi Ke-5 Dalam KMHE

Namazu Team dari UMY Dok. Namazu Team
Namazu Team dari program studi (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil meraih juara ke-5 dari 13 peserta kategori Prototype dengan bahan bakar listrik dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2015 yang diadakan di Sirkuit Kanjuruhan, Malang, pada Minggu (25/10). KMHE 2015 yang diadakan selama lima hari dari Rabu sampai Minggu (21-25/10) pekan lalu diikuti oleh 62 tim dari berbagai universitas di Indonesia.

Perlombaan utama dari KMHE sendiri merupakan Race, tiap mobil rakitan dilombakan layaknya balap mobil sesuai dengan kategori mobil dan bahan bakarnya. Sebelum Race, tiap mobil harus melewati serangkaian tes kelayakan di 10 pos. Namazu Team dari UMY berhasil melewati setiap pos, walaupun menghadapi beberapa kendala sehingga hanya dapat mengikuti dua Race dari total lima Race.

KMHE yang diselenggarakan oleh Dikti dengan tuan rumah Universitas Brawijaya Malang ini diikuti oleh 133 pendaftar dari seluruh Indonesia. Namun dari 133 pendaftar tersebut, hanya 62 tim saja yang lolos proposalnya dan salah satunya ialah tim mobil listrik UMY, Namazu Team. Dalam kontes tersebut ada dua kategori, yakni Prototype dan Urban Concept. Kedua kategori memiliki empat kelas bahan bakar, yaitu bensin, diesel, etanol, dan listrik. Namazu Team sendiri berkategorikan Prototype dengan bahan bakar listrik.

Namazu Team UMY telah melakukan persiapan terkait KMHE sejak bulan Juni lalu. Persiapan yang dilakukan antara lain penyusunan proposal yang terdiri dari pembuatan desain mobil listrik itu sendiri. Dalam proposal tersebut di dalamnya harus terdapat analisis kekuatan, analisis hambatan udara, pemilihan bahan dari mobil listrik yang akan dibuat tersebut, dan lain-lain. Setelah proposal selesai, barulah proposal tersebut dikirim ke panitia KMHE untuk dipertimbangkan layak tidaknya tim tersebut untuk mengikuti prosesi lomba di Malang. Namazu Team juga telah melakukan uji coba mobil listrik di lingkungan kampus UMY sebelum berangkat ke Malang untuk berpartisipasi di KMHE.

Dalam kontes tersebut, Namazu Team UMY sendiri mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak antara lain dari kampus, fakultas dan prodi. Kampus memberikan dukungan finansial sebanyak 40 juta rupiah kepada Namazu Team untuk mengikuti KMHE. Selain dari kampus, terdapat juga suntikan dana dari bank Bukopin sebesar 1 juta rupiah.

Adang M Sidik selaku Ketua Tim Namazu Team berharap “Semoga tim mobil listrik tetap maju terus, jangan ada minder dengan tim lain, mendapatkan dukungan, dan para insinyur mudanya lebih berkualitas dan mempunyai visi dan kedepannya lebih baik.” (SAW, KAF, & QIL)

Dok. Namazu Team

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar