Seminar Nasional dan RAKERNAS ISMEI XIII: Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Bangsa



Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI) mengadakan acara seminar nasional pada Senin (26/10) di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan dilanjutkan dengan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) pada Selasa - Kamis (27-29/10) yang bertempat di gedung AR Fachrudin B Kampus Terpadu UMY. Fakultas Ekonomi (FE) UMY kali ini menjadi tuan rumah pada RAKERNAS ISMEI XIII tahun 2015.

“Agenda besar ISMEI yaitu Rapat Kerja Nasional. Sebelum beranjak ke RAKERNAS akan ada rangkaian acara seminar nasional. RAKERNAS adalah puncak klimaks semua lembaga Senat dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia. Di mana nanti akan terpilih salah seorang sebagai Ketua ISMEI,” ujar Askariyanto selaku Ketua Panitia.

Peserta yang hadir dalam acara Seminar Nasional ini berasal dari seluruh Senat dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Ekonomi se-Indonesia dan juga mahasiswa umum lainnya. Tema besar yang diangkat dalam acara Seminar Nasional dan RAKERNAS adalah "Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Bangsa". “Di mana tidak perlu kita pungkiri keadaan atau kondisi yang terjadi di negeri kita sedang mengalami keterlambatan ekonomi. Jadi, kita berinisiatif mengambil tema pokok atau tema besar 'Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Bangsa',” tambah Askariyanto.

Dalam Seminar Nasional sesi pertama, terdapat beberapa pembicara yang mengisi materi di antaranya Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahyono, B. Didiek Prasetyo, dan Feriyanto, M.Si. Pembicara pertama diisi oleh Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahyono dalam materinya yang bertemakan "Strategi Pendidikan Bisnis Menyongsong MEA Berbasis Kearifan Lokal" mengatakan ”Ada poin 5c yang penting untuk psikologi kita dalam mengembangkan bisnis yaitu context, competence, connection, credible, and care.”

Seminar Nasional ini juga dimeriahkan dengan penampilan tarian tradisional dari Maluku Utara. Acara kembali dilanjutkan dengan Seminar Nasional sesi kedua, di mana pada sesi kedua Seminar Nasional ini diisi oleh dua orang pembicara yaitu Dr. Angga Wira dan Rudi Suryanto. Pembicara pertama diisi oleh Dr. Angga Wira yang menyampaikan materi dengan tema "Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi-JK dan Perbaikan Ekonomi Indonesia". “Negara kita kaya akan sumber daya alam hampir setelah pasca merdeka. Kita belum bisa memanfaatkan secara maksimal dan kita juga belum berhasil memberikan addict value dari ekonomi yang kita miliki. Kita tidak lebih seperti zaman penjajahan dulu. Kita suka menjual barang mentah, ini yang mengakibatkan kondisi perekonomian kita saat ini mengalami pelemahan,” ujar Dr. Angga Wira saat menyampaikan materinya. 

Ketua Panitia Seminar Nasional ini juga berharap dengan adanya acara ini seluruh peserta acara Seminar Nasional ini bisa terangsang untuk terlibat langsung dalam mengubah kemandirian ekonomi bangsa dan agar ada peningkatan ekonomi, bukan penurunan seperti yang sekarang sedang terjadi di Indonesia. (ASN & AHP)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar