Penyelamatan Keanekaragaman Hayati di Indonesia YSEALI Selenggarakan Green Education Initiatives: Biomarine Student Camp

Sumber gambar: greeneduinitiatives.org
Klik untuk memperbesar
Isu lingkungan telah mendapat perhatian dari banyak kalangan saat ini. Perubahan iklim yang tidak terkendali disebabkan oleh global warming atau pemanasan global yang semakin parah. Penyebab terjadinya kerusakan pada lingkungan tidak lain karena perbuatan manusia yang mengeksploitasi sumber daya alam tanpa mempertimbangkan prinsip keberlanjutan bagi generasi yang akan datang. Laju kerusakan alam yang tidak diimbangi dengan perbaikan secara berkesinambungan bukan tidak mungkin menimbulkan banyak masalah. Terganggunya keberadaan flora dan fauna juga menjadi masalah besar yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan. Pengetahuan manusia akan pentingnya menjaga kondisi lingkungan saat ini masih terbatas. Banyak pihak yang harus terlibat untuk membuat upaya-upaya penyadaran peduli lingkungan. 

Upaya tersebut salah satunya sedang digagas oleh Young South Asia Leaders Initiatives (YSEALI) sebagai platform pemimpin muda di kawasan ASEAN dalam prakarsa inisiatif gerakan perubahan di kalangan pemuda yang diinisiasi oleh Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama pada tahun 2014. YSEALI bekerjasama dengan Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Regional Yogyakarta dan Kelompok Studi Kelautan (KSK) Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan mengadakan Green Education Initiatives (GEI): Biomarine Student Camp sebagai proyek hibah. Selain di Indonesia kegiatan ini juga dilaksanakan di Sagada, Filipina pada April 2015 lalu. Berikut ini informasi kegiatan Green Education Initiatives (GEI): Biomarine Student Camp
  • Pendaftaran peserta paling lambat tanggal 30 Oktober 2015 pada pukul 12.00 WIB siang.
  • Pengumuman peserta terpilih: 7 November 2015
  • Pelaksanaan kegiatan: 22-25 November 2015
Kegiatan ini diadakan sebagai pemahaman tentang pentingnya keanekaragaman hayati yang perlu untuk diperkenalkan kepada generasi muda agar di masa mendatang generasi muda bisa mengambil peran dalam upaya penyelamatan keanekaragaman hayati di Indonesia. Peserta kegiatan ini merupakan pelajar SMA atau mahasiswa aktif di Indonesia yang akan melalui proses seleksi dengan membuat rencana aksi (latar belakang, permasalahan, tujuan, hasil yang diharapkan, target peserta, waktu dan tempat pelaksanaan, keberlanjutan aksi dan potensi kerjasama) terkait keanekaragaman hayati kelautan di Indonesia yang akan diimplementasikan di tempat tinggal/sekolah/kampus masing-masing. (bim)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. itu untuk pengumumanya kapan ya, ini udah tanggal 7, tapi kok belum ada min

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas informasinya. Semoga sukses selalu.
    http://grosirsponmandi.klikspo.com/

    BalasHapus