Mukbes KOMAHI : Kembalikan Fungsi KOMAHI yang Sesungguhnya



Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Musyawarah Keluarga Besar (Mukbes) hari pertama di gedung AR Fachruddin B lantai lima kampus terpadu UMY pada Rabu, (7/10). Mukbes ini berisi agenda-agenda pertanggungjawaban pengurus KOMAHI dalam periode 2014/2015 serta pemilihan Ketua Umum KOMAHI periode 2015/2016. Mukbes ini akan dilaksanakan mulai hari ini (Rabu - ed) sampai hari yang tidak ditentukan.

Rahmat Fanani, selaku Ketua Umum KOMAHI periode 2014/2015, menyatakan bahwa untuk periode yang ia pimpin masih banyak hal yang harus dibenahi dan kurang memenuhi targetnya selama ini. “Pencapaian untuk periode ini, saya pikir kurang. Karena KOMAHI sebagai wadah aspirasi mahasiswa dan sekaligus jembatan antara mahasiswa HI dengan birokrasi jurusan justru belum bisa melaksanakannya dengan baik dan benar. Namun, kami akan terus berusaha untuk mewujudkan itu semua,” katanya.

Selama dalam kepemimpinannya, ada beberapa masalah yang terjadi di dalam masyarakat HI UMY. Salah satunya adalah macetnya sistem Kartu Rencana Studi (KRS) mahasiswa pada saat memasuki semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Mahasiswa baru mengetahui nama-nama dosen ketika masa pengisian KRS sudah habis. Hal itu membuat mahasiswa kebingungan memilih dosen mana yang tepat untuk mereka.

“KOMAHI sudah berupaya maksimal untuk hal itu. Saya pun sudah turun tangan sendiri mengatasi hal tersebut. Namun, karena pengurus KOMAHI pada saat itu banyak yang sedang tidak berada di kampus, membuat masalah tersebut kurang bisa diselesaikan dengan baik,” kata Fanani. Fanani melanjutkan, selama ini aspirasi-aspirasi mahasiswa sudah diupayakan maksimal dalam periodenya, namun hanya dalam bentuk event-event yang itu belum mampu menjangkau seluruh aspirasi masyarakat HI. Kemudian, Fanani berharap untuk Ketua Umum KOMAHI periode berikutnya untuk lebih memfasilitasi aspirasi mahasiswa kepada birokrasi jurusan.

“Semoga dengan ketua baru, KOMAHI bisa kembali kepada fungsi yang sebenarnya, yakni menjadi wadah aspirasi mahasiswa dan bisa memfasilitasi masalah-masalah mahasiswa HI yang kaitannya dengan birokrasi jurusan. Karena semakin ke sini masalah-masalah yang timbul juga semakin kompleks dan membuat kita harus kerja lebih keras,” tutur Fanani.

Menurut salah satu pengurus KOMAHI, Nanda Tri Harahap, untuk periode ini ia bangga, karena banyak sekali dinamika yang terjadi dalam periode ini sehingga membuat ia bisa mengambil banyak pelajaran dari sana. “Tahun ini banyak pelajaran yang bisa saya ambil dan semoga berguna untuk ke depannya,” kata Nanda. Antusias mahasiswa HI UMY mengikuti Mukbes tahun ini cukup tinggi, terlihat dari hadirnya beberapa mahasiswa HI UMY angkatan 2015 dan 2014 dalam sidang tersebut. "Saya berharap KOMAHI tetap solid dalam segala programnya,” tutup Nanda. (SAW & ASN)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar