Mahasiswa Fakultas Pertanian UMY Gunakan Momentum Hari Pangan Sedunia Untuk Gelar Ekspo



Yogyakarta, memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ramaikan ekspo olahan hasil pertanian menjadi pangan yang inovatif pada Jum'at (16/10). Kegiatan ini difasilitasi oleh pihak FP melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FP. Ekspo ini merupakan program kerja rutin tahunan divisi pengembangan sosial BEM FP. Peserta ekspo adalah masing-masing kelas baik Agroteknologi dan Agribisnis angkatan 2015.

Tujuan utama dari adanya ekspo pangan ini untuk melestarikan hasil pertanian nasional agar dapat berinovasi agar menghasilkan produk pangan yang berkualitas. Selain untuk memfasilitasi mahasiswa pertanian, ekspo ini juga terbuka bagi mahasiswa umum UMY agar menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan pangan di Indonesia. Hal serupa juga disampaikan oleh Kharisma Sabila Putri Agribisbisnis 2014 bahwa adanya ekspo ini selain untuk memperkenalkan produk makanan yang berasal dari olahan hasil pertanian yang dibudidayakan sendiri juga sebagai momentum untuk memotivasi mahasiswa untuk berinovasi dalam pengolahan pangan dan budidaya tanaman.

Antusiasme mahasiswa pertanian dengan adanya ekspo di HPS ini begitu terasa, terbukti dengan cepatnya habis persediaan olahan makanan di setiap stand ekspo yang tersedia. Antusiasme bukan hanya dari pengunjung saja namun dari setiap kelas yang mengikuti stand di ekspo. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Ungi Agribisnis 2015 bahwa, “Di stand kami menyediakan beberapa olahan dari singkong yang ditanam sendiri diolah menjadi singkong susu, hanya dalam waktu 15 menit saja makanan yang kami sediakan langsung habis.” Harapan Ungi dengan adanya momentum hari pangan ini, ke depannya akan ada kemajuan pangan bagi Indonesia baik dari segi swasembada maupun produktivitas petani untuk menghasilkan bahan pangan yang berkualitas. (SLS)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar