Komunitas Akasia Galang Gerakan 10.000 Masker untuk Sumatra & Kalimantan



Senin (26/10) Komunitas Fakultas Akasia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengajak seluruh mahasiswa UMY untuk ikut serta dalam Aksi Solidaritas “Melawan Kebakaran Hutan” dan Penggalangan Dana "Gerakan 10.000 Masker" bagi korban kabut asap di Sumatra dan Kalimantan. Aksi yang bertempat di taman samping Plaza Bintang ini dimeriahkan dengan penampilan musik, pembacaan puisi dan cerita terkait bagaimana keadaan di Sumatra dan Kalimantan, guna menarik perhatian mahasiswa lalu lalang untuk ikut berpartisipasi dalam aksi tersebut. 


Aksi ini ditujukan selain kepada pemerintah agar dapat sigap menyikapi pelaku-pelaku pembakaran hutan, juga kepada mahasiswa khususnya mahasiswa UMY agar timbul kepedulian akan masyarakat korban kabut asap yang semakin parah. “Melawan kebakaran hutan, di sana lebih mempertegas bahwa kita melawan orang yang menyebabkan kebakaran hutan. Kita melawan orang yang melakukan tindakan ceroboh di mana pemerintah di sana kurang sigap menanganinya,” ujar Hasan Saiful Rizal, Mahasiswa Fakultas Ekonomi selaku Koordinator Acara. 

Solusi yang ditawarkan komunitas Fakultas Akasia antara lain ketegasan pemerintah untuk membatasi atau bahkan tidak memberikan izin kepada perusahan-perusahan untuk membakar hutan untuk dijadikan lahan. Selain itu, pelaku-pelaku pembakaran hutan harus segera ditangkap dan dihukum dengan benar. 

Aksi in direspon baik oleh sebagian besar mahasiswa UMY, kegiatan penggalangan dinilai positif dengan penampilan musik, musikalisasi puisi dan sebagainya dibandingkan dengan orasi. “Daripada cuma orasi, koar-koar menyalahkan pemerintah, mending acara penggalangan dana seperti ini, ayo kita bareng-bareng bantu, karena banyak juga mahasiswa UMY yang dari Sumatra,” ujar Erin dan Winti, mahasiswa Manajemen 2013. 

Rencana penggalangan dana akan dilakukan selama seminggu di kampus dan daerah sekitar kampus, dengan target sumbangan mencapai 10 juta rupiah. Nantinya, hasil penggalangan dana akan dikirimkan berupa 10.000 masker, karena komunitas Fakultas Akasia mendapat kabar di Sumatra dan Kalimantan kekurangan stok masker. (LR)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar