Universitas Muhammadiyah Yogyakarta: Pembukaan Student Fair Tahun 2015




“Napak Tilas Kebudayaan Nusantara”, begitulah tema yang diangkat dalam acara Student Fair Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun 2015. Pengambilan tema tersebut disesuaikan dengan tema Masa Ta’aruf (Mataf) kemarin yang mengambil tema kebangsaan. Seperti yang dikatakan oleh Muhammad Saiful Bahri selaku Ketua Pelaksana Student Fair, “Kalau Mataf mengambil tema kebangsaan, sekarang kita mengambil tema kebudayaan. Jadi supaya antara kebangsaan dan kebudayaan dapat menyatu dengan tetap berlandaskan dengan Islam sesuai dengan slogan UMY Unggul dan Islami.”

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) UMY ini dijadwalkan mulai Kamis, hari ini (10/09) sampai dengan hari Sabtu tanggal 12 September 2015. Pada acara pembukaan Student Fair UMY tahun 2015 yang berlangsung di Plaza Bintang UMY dibuka langsung oleh Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, M.A dengan pemukulan gong secara simbolik. Setelah pemukulan gong secara simbolik sebagai tanda dibukanya acara Student Fair ini, bebarapa UKM menampilkan pertunjukan. Di antaranya adalah UKM Drum Corps (DC) yang menampilkan Guard Show, serta dari Resimen Mahasiswa (Menwa) yang menampilkan seni bela diri Yongmoodo. 

Acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa UMY pada umumnya dan mahasiswa baru UMY pada khususnya ini merupakan acara tahunan yang menampilkan stand-stand dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi yang ada di UMY. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan UKM dan organisasi yang ada di UMY kepada mahasiswa-mahasiswa baru. Setiap UKM dan organisasi menempati stand-stand yang sudah disediakan oleh panitia dan diberikan kebebasan untuk menghias stand masing-masing guna menarik perhatian dari para pengunjung. 

Sebagai sebuah acara yang sangat dinantikan oleh mahasiswa-mahasiswa baru, Student Fair menjadi wadah tersendiri bagi mereka untuk lebih mengenal dan mengetahui tentang UKM dan organisasi yang ada di UMY sehingga mereka tidak hanya mendapat pengalaman akademik saja, melainkan dapat memperoleh pengalaman lain dalam keorganisasian.

Seperti yang disampaikan oleh Maqbul, mahasiswa angkatan 2015 jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UMY bahwa acara Student Fair ini sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman keorganisasian dengan adanya pengenalan-pengenalan dari setiap UKM maupun organisasi yang telah membuka stand-nya di Student Fair ini. Hal serupa juga disampaikan oleh Hikmah Niati Sari, mahasiswi angkatan 2015 jurusan Ilmu Komunikasi UMY. “Acara ini membantu kita untuk menjalani studi kedepannya. Jadi pengalaman yang kita dapat tidak hanya pada saat di perkuliahan saja, melainkan dari keorganisasian juga.”

Secara keseluruhan, acara Student Fair pada hari pertama ini berjalan cukup sukses. Didukung banyaknya pengunjung yang berdatangan melihat stand-stand dari UKM dan organisasi menjadikan hari pembukaan Student Fair ini semakin meriah. Stand-stand dari UKM dan organisasi tersebut sudah dipersiapkan dengan matang oleh UKM dan organisasi yang bersangkutan. Terlihat hampir seluruh UKM dan organisasi UMY membuka stand di Student Fair 2015 ini. Hanya ada beberapa UKM dan organisasi yang tidak membuka stand pada hari pertama, yaitu Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM-KM) UMY dan Fakultas Ilmu Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY. (kaf)

Diperbarui pada Jum'at 11 September 2015 pukul 17.40 WIB.
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar