Pelantikan Anggota Tetap NUANSA, “Reporter Harap Kritis Dalam Pemberitaan”




Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Penerbitan dan Pers Mahasiswa (LPPM) Nuansa telah melaksanakan pelantikan anggota tetap periode 2015-2016. Pelantikan dilaksanakan di Ruang Sidang Perpustakaan Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu, (9/9) pagi. Kepengurusan LPPM Nuansa terdiri atas Divisi Keredaksian, Divisi Penelitian dan Pengembangan, Divisi Hubungan Masyarakat, Divisi Perusahaan, dan Badan Pengurus Harian (BPH), dilantik oleh Bapak Triyana, selaku perwakilan dari Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA).

Setelah pembacaan sumpah jabatan, dilanjutkan dengan penandatanganan surat serah terima jabatan dan surat kesediaan, kemudian berakhir dengan penyematan kartu identitas pers secara simbolik. Dalam sejarah kepengurusan LPPM Nuansa periode tahun ini tercipta satu produk baru, Nuansa Televisi (NTV). Pemberitaan perdana yang mengangkat pembukaan kegiatan Masa Ta’aruf (Mataf) Mahasiswa Baru 2015, mendapat sambutan baik dari Bapak Triyana, pada sambutannya di awal sebelum pelantikan. Respon baik terhadap NTV muncul dengan terdapatnya 600 lebih penonton NTV perdana di akun Youtube Nuansa.

Berlangsungnya pelantikan dihadiri oleh beberapa alumni anggota Nuansa. Sebagai Pimpinan Umum periode 2014-2015, Muhammad Abdul Qadar, mengatakan ke depannya Nuansa periode tahun ini dapat lebih baik ketimbang periode sebelumnya. Sebagai sebuah lembaga jurnalistik beliau berpesan untuk kritis dalam mengangkat sebuah pemberitaan serta kritis dengan membawa perubahan atas situasi dan kondisi yang terjadi.

Melakukan pewartaan dalam sebuah peristiwa diperlukan sebuah kekritisan dan keberanian dalam mengungkapkan kebenaran yang bersifat penting bagi umum. Selaku Ketua Divisi Keredaksian, Bryan Bimantoro mengatakan kekritisan dalam pemberitaan yang dimaksud merupakan bertambah jelasnya para reporter untuk melihat dan merasakan situasi ketika sebuah peristiwa akan ataupun sedang terjadi. Selaku Pimpinan Umum (PU) periode 2015-2016, Sulis berharap ke depannya Nuansa menjadi lebih baik lagi dengan mengemban amanah yang diberikan. Serta mewujudkan pers yang independen dan bertanggung jawab. (GWR)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar