Kampusmu Bukan Sekedar Tempat Berkuliah




Saat-saat seperti ini, ketika mahasiswa baru mulai memasuki dunia barunya dan mulai mengenal dengan dunia kampus di saat yang sama pula berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa maupun organisasi kampus mulai membuka pendaftaran anggota baru. Rangkaian acara Student Fair sebagai sarana pengenalan mahasiswa dengan kegiatan-kegiatan keorganisasian yang ada di kampus telah berakhir. Kini saatnya para mahasiswa untuk menentukan pilihannya dalam mengambil keputusan. Apakah mereka memilih menjadi mahasiswa yang berorganisasi atau memilih menjadi mahasiswa yang fokus berkuliah?


Lalu sebagai mahasiswa baru, bagaimana seharusnya kita memilih? Apa sih pentingnya organisasi bagi mahasiswa? Mungkin pertanyaan itulah yang saat ini terngiang-ngiang di benak para mahasiswa baru saat ini. Mungkin beberapa orang akan berasumsi bahwa berorganisasi bukanlah suatu yang tidak terlalu penting tetapi yang terpenting adalah bagaimana agar kita dapat mendapatkan IP tinggi dan lulus dengan cepat. 

Menjadi seorang mahasiswa bukanlah hal mudah, namun bisa dipermudah jika kita mau menjalaninya dengan baik. Organisasi merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dengan mahasiswa yang menimba ilmu di kampus. Organisasi sebetulnya sangat penting untuk kebaikan kita sebagai mahasiswa, namun kesadaran berorganisasi minim dewasa ini. Padahal, dengan kita berada di dalam suatu organisasi, dari situlah kita mulai banyak belajar sesuatu yang mungkin tidak dapat kita dapatkan di dalam kelas ketika dalam kuliah. Sebenarnya banyak sekali pelajaran pendidikan yang didapatkan dalam berorganisasi mulai dari belajar disiplin, menghargai waktu, menghargai orang lain, belajar teknik berkomunikasi dengan orang lain, serta menambah banyak teman. Banyak hal-hal positif dengan belajar berorganisasi. 

Banyak orang berpendapat bahwa mengikuti suatu organisasi akan memperburuk hasil kuliah kita karena waktu kita terbuang sia-sia karena organisasi. Tetapi ketika seseorang sadar bagaimana mereka bisa mengatur waktu mereka dengan baik maka semua kekhawatiran itu tidak akan terjadi. Organisasi bukanlah suatu penghambat bagi mereka yang ingin berprestasi, tetapi dengan kesediaan kalian yang mau belajar untuk berorganisasi maka, yakinlah bahwa dampak yang positif pasti akan datang entah itu sekarang ataupun yang akan datang. Maka manfaatkanlah kesempatan yang ada ketika di saat-saat seperti ini, mulailah membuka diri untuk menemukan hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah dicoba. Karena kesempatan yang baik di saat ini belum tentu akan datang lagi di saat nanti. (AHP)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar